Mampu Angkut Hingga 226 Kg, Ini Dia Drone Raksasa Buatan Boeing

0
1115
Drone raksasa
Copyright ©dailymail

Boeing Bikin Drone Raksasa Yang Kuat Mengangkut Beban Ratusan Kg

Oketekno.com – Kali ini Boeing yang juga pembesut pesawat terbang asal Amerika Setikat membuat sebuah drone raksasa. Perangkat ini diklaim mampu mengangkut muatan seberat 226,7 kilogram (kg) sekaligus.

Drone yang berukuran super besar ini disebut sebagai unmanned electric vertical-take off-and-landing (eVTOL) cargo air vehicle (CAV) atau kendaraan kargo udara nirawak elekterik lepas landas vertikal. Menurut Boing, drone yang dibuat ini nantinya bisa menjadi pionir untuk pesawat terbang nirawak di masa mendatag.

Pembuatan drone raksasa ini dilakukan oleh engineer Boeing dengan waktu yang terbilang singkat. Engineer hanya butuh waktu tiga bulan untuk merancang dan mengembangkan drone berukuran raksasa ini.

Baca juga : Berhenti Buat Dorne, GoPro Jual Murah Kamera Hero 6

Bukan sampai disitu saja, pesawat nirawak inipun juga telah melewati tahap pengujian terbang di laboratorium penelitian Boing di Missouri, Amerika Serikat. Mengenai perangkat drone jumbo ini juga diungkapakan oleh Greg Hyslop selaku Chief Technology Officer Boeing.

Drone raksasa
Copyright ©dailymail

Dalam sebuah pernyataan dia mengatakan kendaraan kargo udara ini merupakan langkah besar Boeing dalam strategi wVTOL. ‘Saat ini kami memiliki kesempatan untuk benar-benar mengubah perjalanan di udara dan kami akan mengingat hari ini sebagai langkah besar dalam perjalan itu’ ujarnya.

Sedangkan drone raksasa ini nampak dibekali dengan sistem tenaga listrik dengan delapan rotor. Dengan tenaga tersebut memungkinkan drone melakukan penerbangan secara vertikal di udara. Tercatat Prototipe CAV ini mempunyai panajag 4,57 meter, lebar 5,49 meter dan tinggi mencapai 1,22 meter dengan bobot 339 kg.

Baca juga : DJI Rilis Osmo Mobile 2 Versi Baru Dengan Stabilizer Smartphone, Harga Murah Lho!

Semenatra itu Boeing sendiri mengumumkan drone raksasa ini empat bulan setelah mengakusisi Aurora Flight Sciences. Perusahaan pembesut pesawat kenamaan Amerika Serikat itu mengakusisi sebuah perusahaan riset dibidang avivasi dan auronautika yang sebelumnya menjalin kerjasama dengan Uber untuk mengembangkan taksi terbang.

Selain itu pembesut peswat terbang ni juga menyebutkan jika dorne ini nantinya akan dilengkapi dengan taksi udara eVTOL yang sebelumnya dirancang Auora untuk Uber. Bukan hanya drone dan taksi terbang, Boeing VTOL ternyata juga menjadi sponsor utama kontes pengembangan jetpack fungsional senilai 2 juta dollar AS atau setara dengan Rp 28,5 miliar.

Baca juga : Ilmuwan Pakai Drone untuk Basmi Malaria, Begini Caranya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here