Dikabarkan Ajukan Dokumen IPO, Ini Kata Dropbox!

0
377
dropbox
Copyright ©winNetNews

Layanan Penyimpanan Dropbox Ajukan Dokumen IPO, Benarkah?

Oketekno.com – Kali ini perusahaan Dropbox Inc saat ini tengah mengajukan inital offering (IPO). Perusahaan file-sharing tersebut melakukan pengajuan saham umum perdana Amerika Serikat (AS) secara confidental.

Perusahaan ini ditargetkan resmi IPO pada kuartal pertama 2018. Listing saham Dropbox ke bursa saham sendiri dipimpin oleh dua perusahaan perbankan dan keuangan AS, Goldman Sachs Group dan Jp Morgan Chase & Co.

Hingga kini belum ada taggapan dari keduanya mengenai kabar IPO Dropbox ini. Seerti diketahui sejak diluncurkan padatahun 2008, perusahaan ini telah digunakan oleh jutaan ribu orang diseluurh dunia. Orang-orang terseut menggunakannya sebgai tempat penyimpanana dan berbagi secara digital.

Baca juga : Harga Samsung Galaxy S5 Terbaru Januari 2018 dan Spesifikasi

Dari laporan yang didapat penggalangan modal usaha terakhir, valuasi perusahaan ini ditaksir mencapai 10 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 133,5 triliun. Sedangkan perusahaan ini sendiri merupakan salah satu unicorn dengan valuasi diatas 1 miliar dollar AS yang mendapatkan pengawasan ketat.

dropbox
Copyright ©kompastekno

Rumor mengenai IPO Dropbox ini telah beredar beberapa tahun belakang. Tak hanya perusahan yang bermarkas di San Fransisco saja, namaun perusahan teknologi musik streaming asal Swedia, Sporty juga disebut melakukan IPO secara confidental (secret IPO) tahun ini.

Sementara itu IPO jenis ini menjadi yang pertama kali muncul saat diberlakukannya Undang-Undang Jumpstart Business Startyps (JOBS) pada 2012. Dalam peraturan ini mengijinkan perusahaan swasta dengan pendapatan di bawah satu miliar dollar AS untuk mengajukan diri ke IPO secara rahasia.

Baca juga :  Harga Samsung Galaxy Alpha (S801) Terbaru Januari 2018 dan Spesifikasi, versi Galaxy Alpha untuk Pasar Asia

Dengan pernyataan tersebut, perusahaa hanya tinggal mengajukan rancangan terlebih dahulu ke komisi sekuritas bursa AS. Pengajuan sendiri tanpa harus mengeluarkan versi formalnya hingga 15 hari sebelum mereka melanjutkan roadshow. Ketika itu perusahaan yang siap membuka sahamnya ke pasar publik menyiapkan presentasi kepada calon investor sebelum saham mereka diperdagangkan.

Sementara itu beberapa tahun lalu Dropbox juga menjalin kerjasama dengan Microsoft. Dengan kerjasama itu pengguna layanan Microsoft Office bisa menggunakan layanan penyimpanan cloud ini untuk sarana penyimpanan awan mereka. Para pengguanya pun bisa mengakses dokumen Office mereka yang disimpan dalam Dropbox. Sedangkan mengenai IPO sendiri hingga kini belum ada penjelasan secara resmi dari pihak perusahaan.

Baca juga : Dropbox For Android Dapatkan Update ! Yuk Check!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here