5 Alasan Kenapa Jaringan 5G Belum Cocok Hadir di Indonesia!

0
678
Copyright ©Lintang

Belum Merata Jadi Salah Satu Alasan Jaringan 5G Belum Cocok Hadir di Indonesia!

Oketekno.com – Baru-baru ini salah satu operator Amerika Serikat, AT&T telah siap meluncurkan jaringan 5G untuk memenuhi kebutuhan mobile diakhir tahun nanti. Sebab perlahan-lahan sejumlah operator di seluruh dunia tentunya akan ikut menggulirkan jaringan ini.

Di tahun 2015 silam, Indonesia sendiri dikabarkan mulai mempersiapkan untuk menerima jaringan tersebut, dengan membentuk  sebuah lembaga khusus yang bertajuk Indonesia 5G Forum. Lantas apakah Indonesia sudah benar-benar siap?. Tampaknya Indonesia belum cocok untuk mengadopsi jaringan ini, kenapa?

BACA JUGA: Nintendo Switch Ungkap Gim Anyar, Apa Saja?

1.4G Belum Merata

Di Indonesia, jaringan 4G memang belum tersebar secara merata. Bahkan jika kita bepergian ke kota atau tempat agak masuk ke pedalaman, jaringan yang ada di Smartphone akan menghilang. Tak sedikit masyarakat berharap bahwa pemerintah akan fokus dulu terhadap perbaikan jaringan agar merata di seluruh Tanah Air. Sehingga masyarakat yang tinggalnya di daerah agak terpencil bisa menikmati layanan internet.

Jaringan-5G-
Copyright ©baliberkarya

2.Belum Tersedianya Smartphone 5G

Hingga saat ini hanya baru satu saja ponsel yang mengadopsi jaringan 5G. Ponsel cedas tersebut merupakan hasil uji coba milik  perusahaan Qualcomm. Meski besar kemungkinan jaringan ini akan segera diluncurkan, tapi sayangnya belum terlihat tanda-tanda kalau produsen memproduksi ponsel cerdas dengan jaringan ini. Jika ponsel khusus jaringan itu belum dibuat, terus kapan masuk ke Indonesia?

BACA JUGA: Smartphone Lipat Samsung Galaxy X Menampakkan Dirinya, Seperti Apa?

3.Regulasi Baru

Pastinya pihak pemeritah sendiri butuh regulasi baru mengenai implementasi 5G di negara kita. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Riset dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementrian Komunikasi dan Informatika, Basuki Yusuf. Ia menuturkan bahwa pemerintah tengah menyiapkan regulasi yang lebih matang.

4.Banyak Yang Belum Siap

Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang sampai saat itu belum bisa mencicipi jaringan 4G. Alih-alih mencicipi jaringan 4G, banyak masyarakat yang masih belum mengenal Internet. Hal ini disebabkan lantaran penyebaran jaringan yang belum merata.

5.Jaringan 4G Masih Mencukupi

Jika dibandingan dengan 4G LTE, tentu saja 5G jauh lebih cepat. Jika mengamati kebiasaan masyarakat Indonesia menggunakan internet kebanyakan hanya untuk bermedia sosial saja, sepertinya 5G akan sia-sia saja. Pasalnya menggunakan 4G saja, sudah mencukupi kebutuhan sosial media.

Itu dia beberapa alasan kenapa jaringan 5G bisa dikatakan belum cocok hadir di negara kita.

BACA JUGA: Sudah Tahu? Ini Dia 5 Fakta Mengerikan Facebook!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here