Inilah Penyebab iPhone Meledak di Apple Store yang Menelan Korban Luka!

0
585
iphone meledak
Copyright ©merdeka

Ini Dia Penyebab Meledaknya iPhone di Apple Store, Benarkah?

Oketekno.com – Beberapa waktu lalu tepatnya hari Selasa, 9 Januari 2018 terjadi insiden iPhone meledak. Peristiwa tersebut terjadi ketika smartphone buatan Apple itu direparasi di toko resmi Apple Store di Kota Zurich, Swiss.

Akibat meletusnya iPhone tersebut sejumlah orang mengalami luka-luka, termasuk pegawai reparasi yang mesti dilarikan ke rumah sakit. Berselang sehari setelah peristiwa di Swiss tersebut kembali terulang.

Dari sejumlah laporan menyebutkan kejadian di Swiss kembali terulang yakni sebuah iPhone meledak dan terbakar di salah satu Apple Store di Kota Valencia, Spanyol. Ponsel tersebut meledak juga saat tengah direparasi. Lalu apa sebenarnya yang terjadi dibalik meledaknya dua iPhone tersebut?

Baca juga : Hindari Iphone Meledak? Gunakan Kabel Charger Data ini

Hal tersebut kemudian dibuktikan oleh seorang pemilik smartohone buatan Apple ini. Dia mencoba membongkar sendiri perangkat iPhone 6 miliknya. Pada saat itu diapun menemukan sesuatu yang kemungkinan menjadi penyebab meledaknya iPhone.

iphone meledak
Copyright ©teknookezone

Menurut laporan disebutkan jika pemilik iPhone 6 tersebut diketahui bernama Adrew Phan. Dia saat itu mencoba melepas unit baterai yang ditempelkan ke tubuh ponsel dengan kembaran perekat. Ketika berusaha melepaskan dengan perekat, baterai tiba-tiba membengkok dan menimbulkan konslet.

Dengan hasil tersebut, Phan pun yakin 99,99 persen jika hal itulah yang terjadi ketika toko Apple di Zurich dan Valencia alami saat membongkar iPhone. Meskipun belum tentu kebenarannya, tapi pengalaman Phan ini paling tidak memberikan sedikit penjelasan mengenai penyebab meledaknya iPhone yang terjadi beberapa waktu lalu.

Sebelum kejadian iPhone meledak, Apple selaku produsen smartphone tersebut memang menyediakan pergantian baterai. Perusahaan asal Amerika Serikat itu diketahui menyediakan penggantian baterai iPhone lawas di toko resminya dengan potongan harga menjadi 29 dollar AS dari harga sebelumnya 79 dollar AS.

Baca juga :  Viral, iPhone 6 Meledak Lagi di Tangan Penggunanya!

Hal itupun membuat banyak pemilik iPhone yang tertarik mengganti baterai perangkat. Potongan harga ini sendiri diberlakuan sebagai kompensasi Apple menyusul update iOS yang dengan sengaja memperlamabat kinerja baterai lawas. Penurunan kinerja terjadi apabila kondisi baterai perangkat sudah menurun melewati atas terntentu karena umur. Jika baterai diganti baru, maka kinerja akan kembali seperti semula.

Pabrikan berlambang buah apel tergigit itu kemudian mengaku memang sengaja memperlambat kinerja model-model iPhone lawas. Apple melakukanya dengan tujuan yakni mencegah masalah ponsel mati mendadak, seperti yang kadang ditemui pada iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S plus, dan iPhone SE.

Baca juga : Pengguna iPhone X Keluhkan Rambut Tersangkut di Perangkat, Kok Bisa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here