Hebat, Kecerdasan Buatan Alibaba Kalahkan Manusia dalam Tes Membaca

1
659
Alibaba
Copyright ©bisniskini

Kalahkan Manusia dalam Tes Membaca, Ini Kecerdasan Buatan Milik Alibaba

Oketekno.com – Kemampuan teknologi berupa kecerdasan buatan (artifical Intelligencel AI) mampu mengalahkan manusia. Bagaimana bisa? Bagaimana kecerdasan manusia bisa dikalahkan oleh teknologi yang notabennya buatan manusia?

Hal tersebut memang terjadi, beberapa waktu lalu program kecerdasan buatan milik Google, AlphaGo mengalahkan juara dunia permainan papan khas Tiongkok, Go. Cukup diketahui Alibaba merupakan pemilik program kecerdasan tersebut.

Bukan hanya mengalahkan juara dunia permainan Go, kabar terbaru mengatakan jika program kecerdasan ini juga mengalahkan manusia dalam tes membaca. Hal ini diumumkan oleh Alibaba jika program kecerdasan buatannya berhasil mengalahkan manusia. Teknologi tersebut berhasil mengalahkan manusia dalam sebuah tes komperhenship membaca tingkat global.

Baca juga : Jika Berhasil Jalani Proses IPO, Valuasi Xiaomi Akan Meroket Sampai Rp 1.000 Triliun

Program kecerdasan buatan itu sendiri dikembangkan oleh unit riset Alibaba, Institute of Data Science of Technologies. Teknologi AI ini mendapatkan skor 82,44 dalam tes matematika eksakta dari Stanfors Questioning Answering Dataset. Sedangkan lawannya yang merupakan manusia mendapatkan skor 82,30.

Alibaba
Copyright ©linkedin

Penilaian sendiri dilakukan dengan menilai jawaban dan membandingkannya. Perbandinganitu dilakukan dengan respons manusia rata-rata. Setelah itu hasilnya menunjukan jika kecerdasan buatan milik Microsoft dan Alibaba tersebut berhasil memenangkan dengan margin skor tertipis.

Sementara itu perusahaan teknologi yang berbasis di negara China ini juga membenarkan jika program kecerdasan buatan mereka mampu menang melawan kecerdasan manusia. Hal tersebut dikarenakan model natural network yang diusung yakni berbasis pada Hierachical Attention Network.

Jaringan tersebut memungkinkan kecerdasan buatan untuk membaca paragraf, kalimat hingga kata dengan tujuan untuk mengidentifikasi frase yang mempunyai jawaban yang potensial. Kepala Ilmuan di Alibaba sendiri meyakini jika teknologi ini mampu diterapkan secara bertahap di berbagai hal.

Baca juga : Peneliti Alibaba Temukan Cara Membobol iOS 11.2.1 di iPhone X!

Dia mengatakan beberapa hal yang bisa dilakukan dengan teknologi ini seperti layanan pelanggan, tutorial hingga pertanyaan medis pasien. ‘Bisa diterapkan di hal lain seperti pertanyaan medis dari pasien, tutorial museum dan layanan panggilan. Maka bisa dikatakan kecerdasan itu bukan mengurangi kebutuhan manusia’ ujarnya.

Cukup diketahui jika Stanford Questioning Answering Dataset memiliki lebih dari 100 ribu pertanyaan dan jawabannya berasal dari 5000 artikel Wikipedia. Sebelumnya pemerintah Tiongkok sendiri memang mendorong kecerdasan buatan, tercatat perusahaan asli Tingkok seperti Alibaba, Baidu, dan Tencent juga turut mengucurka dana guna mengembangkan teknologi AI ini.

Baca juga : Apple Kena Semprot Pemerintah China Gara-Gara Iphone Lemot

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here