Resmi Diluncurkan, BlackBerry Jarvis Jadi Software Pengaman Mobil Canggih

0
878
BlackBerry jarvis
Copyright ©akurat

Ini Dia BlackBerry Jarvis Teknologi Keamanan Siber Kendaraan

Oketekno.com – Sempat beberapa waktu lalu beredar, BlackBerry kini benar-benar meluncurkana produk terbarunya. Bertempat di ajang North American Internsional Automotive Show, BlackBerry Jarvis resmi diluncurkan.

Executive Chairman CEO BlackBerry Limited, Jhone Chen memperkenalkan produk barunya ini sebagai perangkat lunak untuk keamanan siber yang transformasional. Pada awalnya BlacBerry sendiri memasarkan solusi tersebut untuk para produsen mobil, yang masih menggunkan piranti lunak untuk rantai pasokan (supply chain) yang kompleks dan rumit.

Hal itupun menjadi tantangan untuk para produsen mobil dan contoh kasus yang dapat diselesaikan oleh BlackBerry Jarvis. Selain itu BlackBerry juga mengumumkan jika produknya ini dapat digunakan untuk segmen industri lainnya. Sejumlah industri tersebut misalnya kesehatan, otomasi industri, dirgantara dan pertahanan.

Baca juga : Ini Dia Smartphone Paling Banyak Dikloning disepanjang 2017

Sejumlah industri tersebut dikatakan sebagai contoh industri yang memerlukan kebutuhan mendesak akan produk seperti Jarvis ini. Produk ini dikembangkan berdasarkan pengalamanm keahlian dan teknologi BlackBerry Limited akan keamanan siber. Teknologi tersebut yaitu solusi pemindai kode biner statis berbasis cloud satu-stunya yang dapat mengidentifikasi kerentanan pada perangkat lunak juga digunakan di dalam mobil.

BlackBerry jarvis
Copyright ©indusry

Jarvis sendiri nantinya akan memindai dan memberikan wawasan yang dapat ditindak lanjuti hanya dalam hitungan menit. Jika menggunakan pemindaian manual tetunya memerlukan lebih banyak ahli dan akan memakan waktu yang jauh lebih lama.

Kemudian cukup diketahui, satu hal yang memperbesar tantangan bagi para OEM (Original Equipment Manufacture) tersebut ialah fakta jika kendaraan menggunakan ratusan komponen perangkat lunak. Dimana banyak diantara perangkat lunak itu dibuat di jaringan pemasok pihak ketiga yang tersebar luas di sejumlah tingkatan.

Baca juga : Ternyata BlackBerry Pertama Dirilis 18 Tahun Lalu Bukan Smartphone, Lalu Seperti Apa?

Pada rantai pasokan distribusi itulah yang menawarkan banyak keuntungan dan meningkatkan peluang kesalahan manusia yang dapat memperlambat siklus produksi dan berdampak pada kualitas secara keseluruhan. ‘Jarvis menjadi perangkat yang diperuntukan untuk para OEM. Itu karena Karvis memiliki visibilitas legkap, konsisten dan mendekati real-time dalam melihat fitur keamanna seluruh basis kode kendaraan serta wawasan dan pembelajaran mendalam’ ujarnya.

Selain itu BlackBerry Jarvis juga disesuaikan untuk kebutuhan unik setiap OEM dan keseluruhan rantai pasokan yang mereka butuhkan. Setelahnya produsen mobil akan memiliki akses online perangkat ini dan dapat memindai sejumlah berkas biner setiap tahap pengembangan perangkat lunak. Perangkaat BlackBerry ini juga dapat membantu jika perangkat lunak yang digunakan produksi seperti mematuhi standart industri seperti MISRA dan CERT serta memungkinkan OEM mendefisinikan aturan khusus supaya dapat memenuhi tujuan spesifik perusahaan.

Baca juga :  Harga BlackBerry Aurora Terbaru Januari 2018 dan Spesifikasi, BlackBerry Android Nougat Pertama di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here