Perkuat Sinyal 4G, XL Gunakan Frekuensi 2.100 MHz

0
697
XL
Copyright ©liputan6

XL Lakukan Refarming, Spektrum 2.100 GHz Akan Perkuat 4G

Oketekno.com – Operator-operator seluler di Indonesia saat ini tengah melakukan penataan ulang (refarming) kanal masing-masing. Penataan di dua spektrum tersebut dilakukan usai lelang frekuensi 2.300 MHz dan 2.100 MHz beberapa waktu lalu.

Salah satu yang melakukan hal ini ialah operator XL Axiata yang nampak pindah dari blok 10 ke blok 7. Mengenai hal ini juga diungkapkan oleh Rahmadi Mulyohartono selaku Groub Head Commercial LTE XL Axiata.

Dia mengungkapkan setelah refarming nanti ferkuensi 2.100 MHz akan dipakai memperkuat layanan 4G LTE XL, termasuk dilakukan penerapan teknologi Carrier Agregation (CA) guna meningkatkan bandwidth koneksi. CA sendiri merupakan teknik dimana handset tersambung dengan jaringan LTE melalui dua frekuensi berbeda.

Baca juga : Turnamen Oppo F5 x AoV Selesai, Tim Dojo Ranger Menjadi Yang Terbaik di Banjarmasin

Menurut Rahamdi untuk XL sendiri frekuensi 4G LTE yang akan digunakan untuk CA ialah 1.800 MHz dan 2.100 MHz. Perangkat yang mendukung teknologi CA ini nantinya secara otomatis akan mengaktifkan fitur tersebut. Fitur diaktifkan untuk meningkatkan kecepatan tanpa perlu pengaturan atau registrasi.

XL
teknokompas

Rahmadi menuturkan jika handset mendukung, maka akan tersambung dan sebaliknya. ‘Jika Support akan langsung tersambung, tapi kalau belum support atau dapat sinyal, maka bisa di-split frekuensinya. Untuk yang jauh BTS dapat 1.800 MHz dan untuk yang dekat dapat 2.100 MHz’ ujarnya setelah acara peluncuran paket XL Xtra Kuota di Jakarta pada Senin, 22 Januari 2018.

Baca juga : Liga Mobile Legends Akan Dimulai, Ini Nih 10 Tim Terbaik Indonesia

Dengan begitu selain untuk 3G, nantinya XL akan menggunakan frekuensi 2.100 MHz untuk menggelar layanan 4G. Cukup diketahui jika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) sebelumnya juga telah menetapkan pita spetrum ini. Maka frekuensi 2.100 MHz bisa digunakan untuk menggelar teknologi jaringan lain yakni 4G diluar peuntukkan awalnya yakni 3G.

Kedua frekuensi lain yang juga ditetapkan sebagai teknologi netral ialah 450 MHz dan 2.300 MHz. Sementara itu saat ini XL diketahui memiliki pita atau spektrum 15 MHz di frekuensi 2.100 MHz. Dikatakan pita tersebut bisa dibagi menjadi 10 MHz untuk 4G dan 5 Mhz untuk 3G. Sedangkan mengenai ukungan handset guna carrier agregation, seharusnya kebanyakan perangkat saat ini sudah mendukung CA dengan ferkuensi 1.800 MHz dan 2.100 MHz. Hal itu mengingat spektrum tersebut paling banyak digunakan saat ini.

Baca juga : Facebook Siapkan Layanan Portal Untuk Video Chat di Gaget?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here