Smartphone Sony Tanpa Jack Audio 3.5mm Disiapkan, Seperti Apa?

0
479
Copyright ©9to5google

Smartphone Sony Tanpa Jack Audio Segera Diluncurkan!

OKETEKNO.COM – Belakangan ini sejumlah vendor smartphone besar menghadirkan smartphone premium kelas atas tanpa dukungan port audio jack 3.5mm yang diprakarsai oleh Apple. Lubang jack audio tersebut pasalnya dinilai fitur kuno dimana di awal-awal Apple memperkenalkan ponsel tanpa jack audo banyak mendapat cibiran. Namun sekarang ini nyatanya banyak vendor lain yang mulai mengikuti jejaknya salah satunya Sony. Vendor asal Jepang ini dikabarkan menyiapkan smartphone Sony tanpa jack audio 3.5 mm, benarkah?

Sebelumnya telah dikabarkan bahwa CEO Sony Mobile yakni Kaz Hirai mengungkapkan bahwa perusahaannya belum akan menyerah di industri smartphone. Pernyataan tersebut bahkan semakin diperkuat dengan hadirnya bocoran smartphone Sony tanpa jack audio yang merupakan perangkat terbaru.

Baca Juga Sony Xperia XZ Pro Bakal Hadir Sebagai Smartphone Layar 4K dan Kamera Ganda?

Dalam situs regulasi yakni FCC (Federal Communications Commisions) atau Komisi Komunikasi Federal AS, terungkap bahwa vendor dari Negeri Sakura tersebut telah mendaftarkan smartphone terbarunya untuk mendapatkan sertifikasi. Dari data di situs FCC tersebut, perangkat ini diketahui merupakan smartphone Sony tanpa jack audio 3.5 mm jack yang tengah disiapkan sebagai ponsel pintar terbaru.

Dokumen FCC Smartphone SOny
Copyright ©Doc FCC va PhoneArena

Dalam laman FCC disebutkan bahwa Smartphone Sony Tanpa Jack Audio 3.5mm ini hadir membawakan layar berdiagonal sekitar 5.7 inchi dalam dimensi 152.79 x 72.42 mm. Hal ini berarti ponsel tersebut lebih mini dari Xperia XZ Premium dengan layar 5.5 inchi. Kemungkinan besar, smartpone ini akan menjadi seri Xperia high-end selanjutnya yang menyasak segmen pasar kelas atas.

Tak dapat dipungkiri dihilangkannya lubang jack audio 3.5 mm pada bodi smartphone memang bukan menjadi hal yang baru. Sebelum beredar kabar Smartphone Sony Tanpa Jack Audio ini, Apple telah lebih dulu memperkenalkan flagship iPhone 7 di tahun 2016 silam tanpa lubang jack. Nyatanya langkah berani dari Apple tersebut kini mulai diikuti oleh banyak vendor smartphone lain seperti Huawei, OnePlus, Google dalam Pixel 2 series, Xiaomi hingga smartphone gaming Razer Phone.

Baca Juga Sony Siap Luncurkan Smartphone Premium di Ajang MWC 2018?

Alasan dihilangkannya fitur port audio 3.5 mm jack dalam bodi smartphone android lantaran hadirnya lubang untuk colokan earphone tersebut dinilai terlalu banyak memakan tempat. Untuk itulah sebagai penggantinya, diterapkan penggunaan port US Type-C yang memiliki multifungsi dimana selain untuk port dalam mengisi baterai, juga dapat digunakan untuk transfer data dan urusan audio. Dan kini Smartphone Sony Tanpa Jack Audio 3.5mm siap dihadirkan yang kemungkinan merupakan ponsel premium untuk kelas atas.

Dilansir dari Ubergizmo pada Selasa (23/1/2018), kualitas audio melalui port lightning atau port USB Type-C sendiri diklaim dapat menghasilkan kualitas suara yang lebih bagus dan baik. Namun terlepas dari itu semua, jika Smartphone Sony Tanpa Jack Audio 3.5mm ini resmi dihadirkan dan dirilis maka kemungkinan bukan menjadi masalah besar. Paslanya sang vendor telah memiliki sejumlah perangkat audio wireless seperti salah satunya MH-100MX2 dan masih banyak lagi.

Baca Juga Dibanderol Cukup Tinggi, Sony Xperia L2 Bakal Saingi Moto G5S Plus?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here