XL Axiata Hadirkan Jaringan Telekomunikasi USO di Kalimantan, Seperti Apa?

0
350
xl-axiata-
Copyright ©tribunnews

XL Axiata Luncurkan Jaringan Telekomunikasi Proyek USO di Kalimantan

Oketekno.com – Kali ini PT XL Axiata Tbk telah memulai megoperasikan jaringan telekomunikasi proyek Universal Sevice Obligation (USO). Jaringan tersebut tersebar di 40 lokasi di empat provinsi yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dengan operasional tersebut berarti warga sekitar lokasi jaringan sudah bisa menggunakan keberadaan jaringan telekomunikasi untuk mendukung ativitas mereka. Peresmian sendiri dilakukan oleh Dirjen Sumber Daya Penyelenggaraan Pos dan Informatika (SDPPI) Kemkominfo, Ismail MT.

Selaian itu dalam acara peresmia juga dihadiri oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, dan VP North Region XL Axiata Desy Sari Dewi, di salah satu site di Desa Purui, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Kemudian ada lagi yakni Anggota Komisi I DPR RI, Syaifullah Tamliha.

Baca juga : Fitur Baru Android Oreo Bisa Tahu Kecepatan WiFi Sebelum Terkoneksi Lho

Sementara itu Site Tabalong menjadi lokasi peresmian yang daerahnya paling terpencil. Lokasi tersebut berjarak sekitar 60 kilometer dari pusat pemerintahan Kabupaten Tabalong, Tanjung. Sedangkan jarak Tabalong ke Banjarmasin sendiri sekitar 230 kilometer dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 7 jam lamanya.

xl-axiata-
Copyright ©sindonews

Kini telah ada sekitar 500 warga yang sudah memanfaatkan layanan seluler dari site. Sedangakan untuk koneksi jaringan XL Axiata, site menggunkaa koneksi melalui satelit. Digunakan sebuah parabola berukuran sedang untuk menghubungkan site tersebut dengan jaringan XL.

Sebagai sumber energi untuk menghidupkan perangkat tersebut juga digunakan listrik yang berasal dari tenaga matahari atau solar cell. Sedangkan di Kalimantan Selatan, XL sendiri membangun jaringan USO ditujuh titik yang ada di Kabupaten Tabalong.

Baca juga : Perkuat Sinyal 4G, XL Gunakan Frekuensi 2.100 MHz

Ketujuh titik lokasi tersebut yakni Muara Aya, mencakup site di Desa/dusun Binjai, Salikung, dan Sei Kumap. Di Kecamatan Bintang Ara, site berada di Desa/dusun Panaan, Hegar Manah, dan Dambung Raya. Terakhir di Kecamatan Jaro, yaitu Desa Purui. Selaian itu perusahaa ini juga membangun jaringan USO di Kalimantan Barat di 12 titik dan semuanya berada di tiga kabupaten yakni Ketapang (6 site), Bengkayang (4 site), Sambas (2 site) dan Sanggau (1 site).

Sementara itu XL Axiata sendiri melaksakan proyek pembangunan tersebut melalui program USO dari SDPPI Kemkominfo. Perushana jaringan telekomunikasi tersebut menyetujui penunjukan lokasi karena tempat yang ditentukan sesuai dengan rencana perusahaan untuk membangun dan memperluas cakupan jaringan pada masa mendatang.

Baca juga : Mampu Bidik Gambar 360 Drajat, GoPro Fushion Dukung 14 Ponsel Android

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here