Bisa Prediksi Kematian Manusia, Ini Dia Software Buatan Ilmuwan Amerika Serikat

0
565
software
Copyright ©merdeka

Wow.. Ilmuwan Ciptakan Software yang Dapat Prediksi Kematian Sesorang

Oketekno.com – Sejumlah teknologi modern yang bermunculan semakin mempermudah kehidupan manusia. Kai ini sekelompok ilmuwan di Stanford University, Amerika Serikat (AS) baru saja mengembangkan sebuah software dengan kemampuan yang luar biasa.

Peragkat lunak tersebut mempunyai kemampuan untuk memprediksi kapan manusia bisa mati dengan akurasi yang nyaris sempurna. Dari keterangan ilmuwan tersbeut mengatakan jika keakuratan perangkat tersebut dalam memprediksi kematian seseorang bisa mencapai 90 persen.

Akan tetapi diungkapkan jika software tersebut tidak bisa memprediksi kematian seseorang dalam segala kondisi. Teknologi terbaru tersebut hanya bisa memprediksi kematian manusia dalam kondisi kritis, misalnya saja korban kecelakaan dan seseorang yang mengidap penyakit dalam hingga koma.

Baca juga : Resmi Diluncurkan, BlackBerry Jarvis Jadi Software Pengaman Mobil Canggih

Dengan begitu perangkat lunak ini dipastikan tak bisa memvonis kapan manusia bisa mati seperti halnya Tuhan. Perangkat tersebut diketahui menggunakan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intellegence atau AI).

software
Copyright ©afrid fransisco

Selain menggunakan teknologi kecerdasan buatan, perangkat ini juga dilatih oleh ilmuwan dengan menggunakan analisis 160.000 pasien dewasa dan anak-anak dari rumah sakit Stanford dan Luccie Packard. Dari situlah perangkat modern ini mempelajari rekam jejak kesehatan pasien mulai dari diagnosis, prosedur yang harus dilakukan hingga obat yang harus dikonsumsi.

Kemudian software ini juga akan menggunakan algoritma yang telah digunakan ke sekitar 40.000 pasein aktif dengan kondisi kritis. Kondisi pasien akan dipelajari, dokter juga akan diperingatkan jika pasien mengalami kondisi lebih buruk yang mengarah kepada kematian.

Sementara itu mengenai teknologi memprediksi kematian semacam ini bukan pertama kali muncul. Tepaatnya tahun 2015 lalu juga ada teknologi semacam ini yang diciptakan oleh tim dokter Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston, Amerika Serikat.

Baca juga : Bukan Software Untuk ‘Iron Man”, BlackBerry Jarvis Digunakan Sebagai Pemindai Mobil

Mereka mengembangkan sebuah komputer super yag mampu memprediski kemungkinan kematian seseorang dengan akurasi yang cukup tinggi. Komputer ini pun juga telah digunakan oleh sejumlah pasien di rumah sakit tersebut. Disebutkan jika komputer ini dapat mengetahui penyakit lebih baik dibandingkan dengan dokter biasa.

Komputer tersebut diisi dengan informasi sekitar 250.000 orang dengan usia 30 tahun terakhir. Hal itu dilakukan guna mendiagnosis penyakit lebih cepat dan dengan diagnosis tersebut dapat dilakukan penanganan dengan cepat pula.

Baca juga : Woow, Tingkat Adopsi iOS 11 Menyentuh Angka 65 Persen Lho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here