Akhirnya Google Akuisisi Smartphone HTC Senilai Rp14,7 Triliun!

0
429
Copyright ©Developers

Akuisisi Google Terhadap Smartphone HTC Senilai Rp14,7 Triliun!

Oketekno.com – Akhirnya Google resmi mengumumkan bahwa pihaknya sudah menyelesaikan semua tahap akuisisi terhadap HTC. Lebih tepatnya perusahaan ini membeli divisi Smartphone HTC.

Bahkan sudah tercatat bahwa kesepakatan antara kedua belah pihak ditutup dengan angka US$ 1,1 Miliar atau setara dengan Rp 14,7 triliun. Setelah tahap akuisisi dilangsungkan, ada sekitar dua ribu teknisi dari divisi ponsel HTC yang akan bergabung dengan raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu.

Ternyata tak cukup itu saja, pihaknya juga akan mengantongi lisensi  non eksklusif Properti Intelektual dari vendor Smartphone asal Taiwan itu. Pihaknya mengaku bangga akhirnya telah menyepakati akuisisi dengan HTC. Dengan adanya ini, ia pun menyambut para tim teknisi HTC untuk ikut bergabung dan berinovasi dengan perangkat terbaru yang akan diluncurkan di masa mendatang.

“Kami bangga akhirnya telah menyepakati akuisisi HTC. Dengan demikian, kami menyambut tim (teknisi) HTC untuk bergabung dan bekerja serta berinovasi dengan perangkat terbaru yang akan meluncur di tahun-tahun berikutnya,” Ungkap Rick Osterloh selaku Senior VP Hardware Google.

BACA JUGA: Kecerdasan Buatan (Al) Jadi Target Utama Serangan Siber di 2018?

Selain itu, Osterloh juga memberi pujian atas kepiawaian HTC dalam bisnis Smartphone-nya. Menurut Osterloh, bergabungnya divisi HTC dengan perusahaannya merupakan sebuah keputusan yang sangat tepat mengingat HTC merupakan salah satu pemain lama sekaligus andal di dalam dunia Smartphone.

Copyright ©Engadget

“HTC adalah pionir dan inovator teknologi perangkat mobile. Mereka pertama kali memboyong smartphone 3G pertama pada 2005, lalu membawa smartphone layar sentuh pada 2007, dan juga meluncurkan smartphone unibody berbalut material metal utuh pada 2013,” katanya lagi.

BACA JUGA: Dijual Rp 3,3 Jutaan, Kamera Pintar Google Boyong Al!

Sementara itu, raksasa teknologi asal Negeri Paman Sam itu telah melakukan negoisasi tahap akhir untuk membeli divisi Smartphone HTC pada bulan September 2017 lalu. Waktu itu, perusahaan yang digawangi Sundar Pichai tersebut sedang mempertimbangkan dua pilihan terkait akuisisi.

Pilihan yang pertama yakni menjadi mitra bisnis untuk HTC, dan pilihan yang kedua yakni membeli divisi secara sepenuhnya. Meski begitu, akuisisi Google teradap divisi smartphone HTC tidak akan melibatkan divisi bisnis perangkat Virtual Reality (VR) HTC. Pasalnya divisi tersebut masih punya pangsa pasar yang kuat lantaran perangkat HTC Vive cukup laris.

BACA JUGA: Berkat Kolaborasi Lenovo dan Google, Layar Sentuh Makin Pintar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here