Pencapaian Facebook di Tahun 2017, Akankah Naik Atau Turun?

0
344
Facebook
Copyright ©kompasiana

Punya 1,4 Miliar Pengguna, Turun Atau Naik Pundi-Pundi facebook di Tahun 2017?

Oketekno.comFacebook mulai melakukan kalkulasi keuntungan yang didapatkan pada tahun sebelumnya di awal tahun 2018 ini. Mereka pun merilis laporan pecapaian pendapatannya di kuartal keempat 2017 pada hari ini 1 Februari 2018.

Dalam laporan tersebut memperlihatkan jika pada kuartal keempat 2017, semakin banyak pengguna yang mengakses salah satu layanan media sosial terbesar di dunia ini. Tercatat Pengguna Aktif Harian atau Daily Active Users (DAUs) yakni rata-rata 1,4 miliar orang menggunakan Facebook setiap hari, naik 14% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Kemudian Pengguna Aktif Bulanan atau Monthly Active Users (MAUs) juga mengalamai peningkatan. Dari data per 31 Desember 2017, rata-rata pengguna aktif bulanan Facebook mencapai 2,1 miliar atau naik sebesar 14% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Baca juga : Facebook Hapus Pertanyaan ‘Tidur Sama Siapa..’, Kenapa?

Selain itu pada kuartal keempat ada sejumlah pencapaian yang diraih oleh perusahaan besutan Mark Zukerberg ini. Seperti halnya pengguna yang mengakses WhatsApp setiap bulannya ynag menembus angka 1,5 miliar dan mereka juga mengirimkan lebih dari 60 juta pesan setiap harinya. Pertambahan tersebut terjadi di antara pengguna reguler dan bisnis.

Facebook
Copyright ©tabloid pulsa

Melihat itu membuat FB meluncurkan WhatsApp Bisnis yakni sebuah aplikasi yang didesain secara khusus untuk bisnis kecil dan menengah untuk terhubung dengan konsumen yang ingin mereka jangkau. Pencapin lain yakni secra global dalebih dari 70 juta bisnis menggunakan layanna ini. Lalu sekitar 2 juta pengiklan aktif beriklan di Instagram dan lebih dri 25 jta bisnis memiliki profil bisnis di Instagram.

Baca juga : Facebook Kena Masalah di Slowakia Saat Cegah Berita Hoax

Mark Zukerberg sendiri selaku CEO FB juga mengatakan jika tahun 2017 merupaka tahun yang luar biasa dan juga tahun yang berat untuk layanannya ini. ‘Kami berfokus untuk memastikan jika facebook tak hanya menyenangka masyaraat, namun kami melakukan hal itu dengan mendorong hubungan yang lebih mempunyai makna diantara pengguna. Kami telah membuat perubahan dengan menampilkan sedikit video viral dan memastikan orang dapat menghabiskan waktu dengan baik di Facebook’ ujarnya

Sementara itu total pendapatan Facebook sendiri pada kuartal IV 2017 naik 47 persen menjadi 12,97 miliar dollar AS dari 8,81 miliar dollar AS pada periode yang sama tahun lalu. Iklan mobile berkontribusi sebesar 89 persen dari total pendapatan layanan jejaring sosial ini dan naik dari 84 persen year-over-year.

Baca juga : News Feed Kena Masalah, Facebook Ambil Langkah Ubah Konten Penyaringan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here