Ternyata Ini Alasan Jangan Beli Smartphone Megapixel Tinggi!

0
15167
Cara Hasilkan Foto Keren
Copyright ©WN

Alasan Jangan Beli Smartphone Megapixel Tinggi, Intip Yuk!

Oketekno.com – Di era sekarang teknologi kamera yang ada di Smartphone semakin canggih. Setiap pabrikan selalu gencar dalam mempromosikan seberapa besar magapixel kamera pada perangkat tersebut.

Lantas apakah besarnya megapixel akan berpengaruh pada performa kamera? Sebenarnya ukuran megapixel atau MP pada sebuah kamera juga penting untuk menunjang kebutuhan fotografi. Sebab, semakin besar megapixel yag ada di sebuah kamera, akan membuat resolusi pada sebuah gambar yang dihasilkan juga akan semakin baik pula.

Megapixel merupakan gabungan dari dua kata yakni Mega yang berarti satu juta, dan pinsel yang artinya titik kecil dalam sebuah elemen gambar. Dapat diartikan bahwa megapixel merupakan suatu gambar digital yang dibentuk dari jutaan titik pixel.

BACA JUGA: Harga Asus Padfone S Terbaru Februari 2018, Smartphone yang Dapat Menjadi Tablet 9 inch

Lalu Seberapa Banyak Megapixel yang Dibutuhkan?

Ukuran megapixel bermacam-macam, bahkan saat ini makin banyak vendor yang membekali perangkatnya dengan kamera beresolusi tinggi. Untuk menentukan seberapa besar megapixel yang dibutuhkan, yang pasti itu tergantung pada kebutuhan.

Maka dari itu, bila perlu Jangan Beli Smartphone Megapixel Tinggi, jika kamu tidak terlalu membutuhkannya. Berikut adalah chart yang mungkin bisa menggambarkan berapa ukuran maksimal gambar yang dicetak dengan ukuran megapixel dalam kamera:

Copyright ©JalanTikus

Jadi bisa dibilang bahwa megapixel sangatlah penting, sebab ketajaman dari sebuah hasil gambar juga tergantung pada berapa besar megapixel yang digunakan.

Meski dianggap penting, namun ukuran megapixel di sebuah kamera ponsel bukan patokan kualitas gambar yang dihasilkan akan bagus pula. Pasalnya masih ada beberapa faktor lain untuk bisa mendapatkan hasil foto yang bagus. Berikut beberapa faktornya:

BACA JUGA: Rumor Nubia Z18, Smartphone Gaming Dengan RAM 8 GB

1.Sensor Kamera

Sensor punya fungsi penting dalam sebuah kamera lantaran didalamnya terdapat jutaan pixel yang berfungsi untuk menangkap jumlah cahaya dan menentukan warna pada foto.

Semakin besar diameter lensa, semakin luas pula cahaya yang akan masuk ke dalam sensor. Untuk ukuran ponsel biasanya hanya berkisar 2mm saja, namun sudah menghasilkan gambar yang bagus.

2.Diafragma

Dengan diafragma, kamu bisa mengatur sebarapa besar cahaya yang dapat masuk ke dalam sensor kamera. Jadi, makin kecil diafragmanya, maka akan semakin baik pula kamera ponsel dalam mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya.

BACA JUGA: Harga Asus Zenfone 4 Terbaru Februari 2018, Smartphone Dual Core dengan Harga Terbaru

Apple iPhone X kamera
Copyright ©dpreview

Apa Kata Sang Expert Tentang Permasalahan Resolusi Kamera?

Nikhil Bhogal yang merupakan mantan perancang software kamera Apple, memberikan komentarnya terkait hal megapixel. Bhogal menilai jika kualitas pixel jauh lebih utama ketimbang jumlah pixel dalam sensor kamera. Pasalnya kualitas pixel yang bagus, akan mengurangi noise yang muncul pada foto.

Nah itu dia alasan kenapa Jangan Beli Smartphone Megapixel Tinggi terlalu terburu-buru. Maka sebaiknya risetlah dulu, agar nantinya kamu tidak salah beli.

BACA JUGA: Rilis 2017, Tapi Ini 5 Smartphone Tak Pernah Ketinggalan Jaman di Tahun 2018!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here