Facebook Tengah Fokus Uji Fitur Untuk Tandai Komentar Tak Pantas!

0
661
Facebook -
Copyright ©Engadget

Bangun Interaksi Lebih Baik, Facebook  Tengah Fokus Uji Fitur Untuk Tandai Komentar Tak Pantas

Oketekno.com – Baru-baru ini Facebook dilaporkan sedang melakukan uji coba tombol Downvote pada sejumlah unggahan di Page Publik. Dan nantinya tombol Downvote ini bisa digunakan oleh pengguna untuk menandai komentar dari pengguna lain yang dianggap kurang pantas.

Seperti yang dilansir dari laman Tech Crunch pada hari Sabtu, 10 Februari 2017 lalu, ada seorang juru bicara FB yang mengatakan, motivasi  awal dari adanya tombol tersebut yakni menciptakan kemudahan bagi pengguna untuk bisa  memberitahu FB terkait adanya sebuah komentar yang dianggap tidak pantas, misleading, dan tidak pada tempatnya. Kini fitur tersebut masih diujikan kepada beberapa pengguna di Amerika Serikat.

“Kami tidak menguji coba tombol Dislike. Kami sedang mengeksplor sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna memberikan feedback terkait komentar-komentar pengguna lain yang diunggah pada Page publik. Saat ini, tombol Downvote baru ada di segelintir pengguna di Amerika Serikat,” Kata FB dalam pernyataannya.

BACA JUGA: Cara Hapus Semua Foto Secara Permanen di Akun Facebook!

Kegunaan dari adanya fitur tersebut yakni, saat pengguna menge-tap tombol Downvote di sebuah komentar, lalu tombol tersebut menyembunyikan komentar dan memberikan pengguna opsi untuk pelaporan tambahan dengan kategori “Offensive”, “Misleading”, atau “Off Topic”.

Copyright ©TechCrunch

Adanya tombol Downvote tersebut memungkinkan pengguna untuk bisa mengadukan pada Facebook apakah komentar tersebut tak pantas, termasuk berita palasu, atau tidak sesuai dengan topik yang sedang di bahas.

BACA JUGA: Indonesia Disebut Sebagai Negara Pemilik Akun Palsu Facebook Terbanyak!

Sebenarnya FB telah memiliki tombol Hide yang memungkinkan pengguna bisa menyembunyikan komentar, namun tombol itu letaknya tersembunyi dan harus di klik dulu untuk bisa menemukannya.

Uji coba tombol Downvote merupakan tes jangka pendek yang tidak memengaruhi ranking komentar, unggahan, ataupun Page. Tombol tersebut dirancang memberikan feedback, bukannya untuk pengguna yang berkomentar.

Tak hanya itu, tidak seperti tombol Like dan Reactions lainnya, FB  tidak menampilkan berapa banyak orang yang men-Downvote sebuah komentar. Perlu diingat, tombol ini hanya muncul di Page Publik, bukan unggahan yang ada di postingan sebuah grup, tokoh publik, atau penggua biasa.

Dengan adanya tombol Downvote, Facebook berusaha membangun interaksi lebih baik antar penggunanya. Sebelumnya, pihaknya juga sudah mengutamakan konten News Feed yang mendoorng lebih banyak interaksi.

BACA JUGA: Dianggap Posting Foto Hot, Facebook Hapus Akun Pengguna!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here