Samsung Galaxy S10 Akan Dibekali Sensor Fingerprint di Layar?

0
1260
Rumor Samsung Galaxy S10
Copyright ©Tech Prophesy

Galaxy S10 Akan Menjadi Smartphone Sensor Fingerprint di Layar Pertama Samsung?

OKETEKNO.COM – Belum lama ini teknologi fingerprint di layar ramai diperbincangkan. Bahan smartphone pertama yang mengusung sensor sidik jari di layar ini adalah ponsel besutan Vivo. Kabarnya raksasa teknologi Samsung juga akan menghadirkan teknologi tersebut pada perangkat premium besutannya. Rumor yang beredar menyebutkan bahwa Samsung Galaxy S10 mendatang akan menjadi smartphone pertama Samsung dengan sensor sidik jari di layar, benarkah?

Memang belakangan ini pasar smartphone global memunculkan trend desain smartphone berbezell tipis. Dengan tampilan layar penuh pada bodi depannya tentu hanya menyisakan sedikit ruang di bagian atas dan bawah layarnya. Untuk itulah OEM mulai mencari cara alternatif untuk menghilangkan penempatan sensor fingerprint berupa tombol fisik yang terintegrasi sebagai tombol home. Alternatifnya adalah menyematkan sensor sidik jari pada tombol fisik dekat dengan tombol volume di sisi perangkat ataupun alternatif sensor sidik jari disematkan di bagian belakang bodinya. Lantas benarkah Samsung Galaxy S10 dibekali fingerprint di layar?

Baca Juga Rumor, Samsung Galaxy Note 9 Tak Gunakan Sensor Fingerprint di Layar!

Perkembangan teknologi fingerprint memang terus berkembang hingga sensor pemindai sidik jari tersebut dapat ditempatkan di bawah layar perangkat. Teknologi fingerprint dibalik layar ini telah diadopsi oleh Vivo dalam flagship terbarunya yang baru dirilis yakni Vivo X20 Plus UD (Under Display). Smartphone tersebut menjadi smartphone pertama dengan sensor Fingerprint di Layar.

Rumor Samsung Galaxy S10
Copyright ©Tech Prophesy

Dengan hadirnya inovasi terbaru itu tentunya langsung mencuatkan rumor bahwa Samsung sebagai salah satu vendor ponsel terbesar didunia akan segera menghadirkan teknologi tersebut dalam perangkat garapannya. Rumor yang telah beredar menyebutkan bahwa Samsung Galaxy Note 9 dan Samsung Galaxy S9 akan dibekali dengan sensor Fingerprint di Layar. Namun nyatanya rumor tersebut tidak dapat dibuktikan dan salah besar.

Dari kabar yang beredar mengungkapkan bahwa sensor Fingerprint di Layar ini belum akan dihadirkan pada flagship premium Samsung di tahun 2018 ini. Perangkat Samsung Galaxy Note 9 dan Samsung Galaxy S9 tidak dibekali dengan sensor pemindai sidik jari dilayarnya. Pasalnya vendor asal Korea Selatan tersebut belum siap untuk memproduksi perangkat dalam jumlah besar secara massal dengan teknologi pembaca sidik jari yang tertanam pada layarnya. Alasan utamanya adalah tingkat kesulitan dalam membuat komponen layar yang memiliki dan mendukung inovasi tersebut.

Baca Juga Hati-Hati, Sensor Fingerprint di Layar Vivo X20 Plus UD Malfungsi di Anti Gores Tertentu!

Sementara itu dilansir dari media Korea Selatan pada Rabu (14/2/2018) lalu mengungkapkan bahwa Samsung kemungkinan besar akan menyematkan teknologi fingerprint di bodi belakang perangat pada Galaxy Note 9 dan Galaxy S9. Untuk diketahui Samsung sendiri hingga saat ini masih menjalin kemitraan dengan sejumlah pemasok sensor sidik jari termasuk Synaptics untuk memperkenalkan smartphone Fingerprint di Layar. Namun sayangnya persiapan produksi paling cepat baru akan dapat terealisasi pada tahun 2019 mendatang atau saat persiapan untuk perilisan flagship Samsung Galaxy S10.

Nyatanya usaha Samsung tersebut harus berhadapan dengan desain Infinity Display yang melengkung di tepian layarnya. Hal itu menjadi tantangan yang memang sulit bagi Samsung untuk memadukannya dengan inovasi Fingerprint di Layar. Pasalnya apabila pembaca optik tersebut dibenamkan dibawah layar maka akan dikhawatirkan terjadi masalah cukup serius pada transparansi layar OLED bahkan mepengaruhi daya tahannya.

Baca Juga Bagaimana Cara Kerja Sensor Fingerprint Dalam Layar Milik Vivo?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here