Terkesan Mendadak, Ini Alasan Google Hapus Tombol ‘View Image’!

0
674
Google
Copyright ©bisniskini

Google Hapus Tombol ‘View Image’, Kenapa?

Oketekno.com – Seperti yang diketahui, tepatnya pada hari Jumat 16 Februari 2018 lalu, tiba-tiba saja Google menghilangkan tombol view image dari fitur pencarian gambar Google Images.

Padahal tombol ini merupakan fitur cukup penting lantaran memungkinkan pengguna dapat melihat serta mengunduh gambar tanpa perlu meninggalkan laman search atau mengunjungi situs tempat gambar tersebut dimuat.

Dengan dihilangkannya fitur View Image, maka yang tersisa hanyalah tombol Visit. Hal ini membuat pengguna harus menekan tombol ini dan mengunjungi situs terlebih dulu, jika ingin mengunduhnya.

BACA JUGA: Google Resmi Rilis Gmail Go, Ramah Memori dan Data!

Hal ini diketahui dari kicuan pihaknya melalui jejaring sosial Twitter. “Kami meluncurkan beberapa perubahan di Google Images untuk bantu menghubungkan pengguna dengan situs yang berguna,” Tulisnya dalam sebuah tweet di Twitter.

Copyright ©Google

“Ini termasuk menghapus tombol View Image. Tombol Visit tetap ada, jadi pengguna bisa melihat gambar dalam konteks situs yang memuatnya,” tulisnya lebih lanjut.

BACA JUGA: Mudah Banget, Hanya Dengan Google Photos Anda Bisa Buat Kado Valentine, Begini Caranya!

Namun sayangnya, keputusan yang diambil olehnya justru menuai kontroversi. Sebagian besar netizen sudah mulai banyak yang menyampaikan keluhan soal proses pencarian gambar yang dinilai semakin ribet dan lama.

Terlebih konten di sebuah situs web bisa saja berubah dan tak lagi memuat gambar seperti yang muncul dalam hasil pencarian.

Usut punya usut, ternyata raksasa internet ini terikat perjanjian dengan agen penyedia stock photo Getty Images yang pada tahun 2016 silam pernah melayangkan gugatan anti-trust Google ke komisi Eropa.

Kala itu, Getty Images menilai fitur search sang raksasa internet sering digunakan untuk mencuri dan memakai gambar tanpa izin kepada pemiliknya, termasuk Getty Images.

Untuk menanggapi hal tersebut, akhirnya pihaknya berkompromi dan mengumumkan terkait kerja samanya dengan Getty di awal bulan ini.

Dengan begitu pihak Getty pun bersedia untuk mencabut gugatan tersebut. “Untuk yang bertanya, betul bahwa perubahan-perubahan ini dalam rangka penyelesaian kami dengan Getty Images,” Kata Google di sebuah pernyataannya seperti yang dilansir dari BBC.

Ini merupakan sebuah langkah untuk bisa menyeimbangkan antara kebutuhan pengguna dengan rasa khawatir dari sang pemilik konten. Ia mengaku sangat menghormati keduanya.  Beda halnya seperti Google, search engine lain  seperti Bing dan DuckDuckGo masih menyediakan tombol dengan fungsi yang sama.

BACA JUGA: Daftar Game Gratis Android Terbaik Paling Populer di Google Play Store

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here