Deretan Smartphone Ilegal Terbanyak di Indonesia, Punyamu Termasuk?

0
3293
Copyright ©CBF

Xiaomi dan iPhone Jadi Smartphone Ilegal Terbanyak di Indonesia

Oketekno.com – Pihak dari Asosiasi pengusaha Ponsel Indonesia baru-baru ini mengatakan, jika smartphone ilegal terbanyak yang telah beredar di Indonesia adalah perangkat iPhone dan juga Xiaomi.

Hal ini bisa terlihat dari dua merek tersebut telah mendominasi jumlah 20.545 ponsel ilegal yang telah berhasil ditindak oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementrian Keuangan dalam kurun waktu 6 bulan saja.

Baca juga: Harga iPhone 9 Lebih Murah dari iPhone X?

Puluhan ribu smartphone ilegal ini berasal dari impor dalam jumlah yang sangat besar, maupun yang dilakukan oleh penumpang langsung dari luar negeri. Ada pila beberapa ponsel yang didapatkan sebagai barang kiriman.

Copyright ©CBF

“Memang handphone ilegal yang ada di sini paling banyak iPhone dan Xiaomi, dua itu paling banyak,” ucap Hasan Aula selaku Ketua Asosiasi Pengusaha Ponsel Indonesia dikutip dari laman Kompastekno.

Baca juga: Kamera Xiaomi Redmi 5 Diklaim Lebih Baik dari iPhone 8, Benarkah?

Menurut Hasan, Kebanyakan Smartphone Ilegal dari merek iPhone dan Xiaomi tersebut bisa masuk dan diedarkan di Indonesia melalui jalur tak resmi, dan tidak ada pajaknya. Adapun ponsel tersebut dinyatakan resmi apabila telah memenuhi ketentuan yang ada, salah satunya memenuhi tingkat kandungan dalam negeri (TKDN).

Dan dalam kesempatan yang sama tersebut, Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika telah menyayangkan fakta jika masih maraknya penyelundupan smartphone untuk bisnis tersebut melalui jalur tak resmi.

Padahal selama ini pemerintah dinilai telah memberikan kemudahan regulasi bagi para pengusaha agar bisa memperjual belikan ponsel maupun gadget mereka, sekalipun barang tersebut berasal dari Luar Negeri.

“Kurang apalagi pemerintah memberikan kemudahan-kemudahan. Sertifikasi yang tadinya sampai dua bulan, sekarang dua hari, jadi apa yang kurang, masih juga nyelundup,” ujar Rudiantara.

Untuk deretan Smartphone Ilegal terbanyak yang sudah masuk Indonesia diantaranya seperti iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan yang terbaru adalah iPhone X. sementara dari Vendor Xiaomi, tipe Redmi Note 5A yang paling banyak.

Baca juga: Lagi, Bocoran Spesifikasi Xiaomi Mi Mix 2S Muncul di Forum Online!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here