Waduh, Karakter Huruf Ini Bisa Lumpuhkan iPhone?

0
1063
iPhone
Copyright ©teknologi

Karakter Huruf Ini Bisa Lumpuhkan iPhone? Kok Bisa?

Oketekno.com – Dikabarkana telah ditemukan celah keamanan alias bug baru pada sistem operasi iOS besutan Apple. Seperti yang sudah-sudah, bug ini relatif mudah di eksploitasi.

Bahkan hal buruk yang kemungkinan terjadi yakni sebagian fungsi iPhone bisa lumpuh saat pengguna menerima pesan berupa teks. Pesan teks yang didapatkan itu bukan sembarang teks biasa, melainkan di dalamnya  terdapat karakter huruf dalam bahasa India Telugu.

Adapun yang terganggu akibat dari bug tersebut adalah aplikasi singkat bawaan iMessage, serta aplikasi messaging pihak ketiga seperti Facebook Messenger dan WhatsApp. Dalam beberapa kasus yang terjadi, pengguna bahkan tidak perlu membuka pesan atau menggulir notifikasi.

BACA JUGA: iPhone (2019) Digarap, Apple Gandeng Pemasok Chip Memori dari Tiongkok

Sebab bug akan langsung bekerja dengan sangat agresif, dimana layar iPhone akan mati. Saat layar kembali dinyalakan, maka pengguna akan diminta untuk memasukkan kode PIN lagi.

Copyright ©tekno.kompas

Namun untuk sementara waktu ini, cara memperbaiki dampak dari bug itu yakni dengan menghapus semua percakapan yang ada di iMessage secara keseluruhan dari peramban di dekstop.

BACA JUGA: Kalahkan Samsung, Apple Sukses Jadi Vendor Smartphone Terbesar!

Sementara itu Apple sendiri mengatakan bahwa bug ini telah menyerang sistem operasi paling baru yakni iOS 11, macOS High Sierra, watchOS 4, dan tvOS 11, sebagaimana dilansir dari Mashable pada hari Senin 19 Februari 2018 kemarin.

Sementara itu pihak juru bicara perusahaan asal Amerika Serikat in akan segera dihadirkan dalam versi masing-masing sistem operasi dalam beberapa waktu mendatang. Namun sayangnya tidak disebutkan terkait kapan tanggal peluncurannya.

Namun yang pasti, penyabaran ini bug ini bisa dikatakan sudah melebar. Tidak hanya dari oknum jahil yang mengirimkan pesan iMessage berisi bug, tetapi juga via Twitter.

Beberapa pengguna Twitter pun mematrikan karakter huruf India yang mengandung bug ke nama mereka.  Ada pula yang menuliskan karakter huruf India Teluga itu ke tweet-nya. Hal ini berakibat pada pengguna yang sedang menggulir linimasa Twitter bisa seketika mendapati perangkatnya mengalami tabrakan.

Jika kamu masih ingat, beberapa waktu lalu ada juga bug berbahaya yang ditemukan dan dinamai “ChaiOS”. Bug ini membuat layar perangkat tak bisa bergerak. Saat itu, Apple berhasil mengatasi masalah hanya dalam waktu kurang dari satu minggu.

BACA JUGA: Apple Sebut Beri Diskon Baterai iPhone Sebagai Langkah yang Tepat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here