Qualcomm dan Nokia Sukses Tuntaskan Uji Coba 5G!

0
691
Copyright ©Mobitekno

Uji Coba 5G Berhasil Dituntaskan Qualcomm dan Nokia!

Oketekno.com Qualcomm dan Nokia dikabarkan telah berhasil menuntaskan uji coba interoperabilitas di spektrum 3.5Ghz dan 28Ghz yang sesuai dengan standar 3GPP 5G New Radio yang dikonfirmasi secara resmi pada bulan Desember 2017 lalu.

Uji yang dilakukannya kali ini menggunakan base station Nokia AirScale serta prototipe perangkat dari Qualcomm yang telah tersedia secara komersial. Mengutamakan pada komersial teknologi 5G, dengan adanya New Radio sebagai pondasinya, uji coba yang dilakukan di Pusat Teknologi 5G milik Nokia di Oulu, Finlandia itu akan jadi stantar uji coba lapangan untuk 5G New Radio bersama dengan para operator lain di tahun ini juga.

Sejumlah uji coba yang dilakukan oleh kedua perusahaan itu tak lain demi meningkatkan jaringan yang lebih baik. Dari uji coba ini menunjukkan bagaimana mereka dengan sangat cepat mampu menerapkan spesifikasi 3GPP Release 15 dengan menggunakan base station AirScale yang sudah digunakan oleh ratusan pelanggan.

BACA JUGA: Melalui Setifikasi FCC, Nokia TA-1048 Dikatakan Sebagai Nokia 3310 Versi Jaringan 4G?

“Beberapa uji coba yang dilakukan Nokia dan Qualcomm penting demi kemajuan 5G. Utamanya adalah uji coba tersebut menunjukkan bagaimana kami telah secara cepat menerapkan spesifikasi 3GPP Release 15 dengan menggunakan base station AirScale, yang telah digunakan oleh lebih dari 100 pelanggan, bersama dengan prototipe Qualcomm Technologies UE,” Ungkap President of Mobile Networks, Marc Rouanne, dalam sebuah keterangan resminya pada hari Selasa 20 Februari 2018.

Copyright ©ArenaLTE

Disisi lain, President of Qualcomm Incorporated, Cristiano Amon, menuturkan terkait kesuksesan penyelesaian koneksi interoperabilitas end-to-end berbasis standar 5G New Radio global adalah sebuah langkah sangat penting dalam upaya meluncurkan komersial 5G New Radio yang akan dimulai pada tahun 2019 nanti.

BACA JUGA: Ini Dia Deretan Smartphone Nokia yang Bakal Hadir Pada Ajang MWC 2018

Qualcomm dan Nokia serta beberapa operator lainnya termasuk BT/EE, Deutsche Telekom, Elisa, KT, LGU+, DOCOMO NTT, Optus, SKT, Telia dan Vodafone Group punya komitmen untuk menjalin kerja sama dalam memverifikasi sekaligus melakukan pengujian terhadap teknologi 5G New Radio.

Dari hasil kerja sama ini akan merujuk pada kesuksesan uji coba interoperabilitas untuk antarmuka 5G New Radio yang fleksibel untuk mendukung berbagai layanan 5G. Ada kemungkinan peluncuran jaringan komersial yang sesuai target waktu di tahun 2019 mendatang, terutama di wilayah China, Jepang, Korea, Eropa, dan Amerika Serikat.

BACA JUGA: Nokia 8 Pro Akan Bawa 5 Kamera, Seperti Apa Tampangnya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here