6 Tips Ampuh Agar Smartphone Android Hemat Paket Data!

0
1535
Copyright ©Ist

Berikut Tips Ampuh Agar Smartphone Android Hemat Paket Data!

Oketekno.comSmartphone dan internet memang tak bisa dipisahkan. Bahkan saat ini keduanya jadi salah satu kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Baik itu digunakan untuk kepentingan pendidikan ataupun bisnis. Dan tanpa adanya dukungan WiFi, rasanya kebutuhan internet menjadi beban.

Tenang saja, ada kok Tips Ampuh Agar Smartphone Android Hemat Paket Data. Penasaran kan ? Yuk langsung simak saja pembahasan berikut ini:

BACA JUGA: SPC L523 Selfie, Smartphone Selfie Ganda Harga 900 Ribuan!

1.Cek dan atur Pemakaian

Copyright ©

Tips pertama yakni kamu harus selalu mengecek konsumsi data setiap harinya. Mudah sekali, kamu tinggal pergi ke menu Setting > Wireless & Networks > Data Usage untuk bisa tahu berapa banyak pemakaian data. Sebagian tipe ponsel bisa menampilkan statistik pemakaian data harian.

2.Pakai Data Server (Android 7.0+)

Copyright ©

Bagi yang  ponselnya sudah menggunakan Android Nougat dan penerusnya, bisa mengandalkan fitur baru tersedia yakni Data Server yang bisa membantu pengguna dalam mengatur penggunaan data. Data Server ini berguna untuk membatasi penggunaan background data pada semua aplikasi secara default.

BACA JUGA: Harga Luna V Lite dan Spesifikasi, Smartphone Fullscreen RAM 2GB di Indonesia

3.Gunakan Datally by Google (Android 5.0+)

Copyright ©

Selain membantu dalam mengatur batasan pemakaian paket data pada tiap aplikasi, ia pun bisa membantu pengguna untuk menemukan jaringan Wi-Fi terdekat. Yang paling menarik, ketika diaktifkan maka akan muncul pemberitahuan tentang konsumsi data secara real time pada setiap aplikasi yang diberikan izin akses layanan.

  1. Batasi Penggunaan Data Secara Manual

Tips Ampuh Agar Smartphone Android Hemat Paket Data selanjutnya yakni membatasi penggunaan data secara manual. Mudah sekali, masuk ke menu Setting > Wireless & Network > Data Usage untuk mengatur penggunaan background data dari setiap aplikasi.  Selain itu, kamu pun bisa memberi batasan atau menonaktifkan penggunaan background datanya.

5.Menghindari Iklan

Rupanya iklan juga ikut berkontribusi dalam penggunaan paket data. Nah, sebaiknya kamu memilih salah satu alternatif, yakni dengan menonaktifkan paket data ketika mengakses aplikasi yang berisi iklan atau bisa juga membeli versi berbayar dari aplikasi yang kamu inginkan itu.

6.Jangan Hapus Cache Aplikasi yang Sering Digunakan

Siapa kira dengan mempertahankan cache dari berbagai aplikasi yang sering sobat akses semisal Google Maps agar aplikasi tak perlu terus-terusan memuat ulang data yang sama.

Nah itu dia beberapa Tips Ampuh Agar Smartphone Android Hemat Paket Data yang bisa kamu coba.

BACA JUGA: Ini Dia Deretan Smartphone Nokia yang Bakal Hadir Pada Ajang MWC 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here