Samsung Kenalkan PM1643, SSD Terbesar di Dunia!

0
468
Copyright ©Kompas

Samsung Kenalkan PM164, Kapan Rilis?

Oketekno.com –  Seperti diketahui, media penyimpanan Solid State Disk berbasis flash memory menawarkan kecepatan yang sangat tinggi, tapi pada umumnya hanya memiliki kapasitas relatif kecil.

Tidak demikian halnya dengan produk terbaru yang baru saja dikenalkan oleh Samsung. Produk yang muncul dengan nama PM1643 ini memiliki form factor 2,5 inci layaknya SSD pada umumnya.

Bahkan kapasitasnya diklaim jadi yang terbesar sejagad raya, yakni mencapai sekitar 30,72 terabyte (TB) atau 30.720 gigabyte.

BACA JUGA: Bocor, Baterai Samsung Galaxy S9 Mampu Bertahan Selama 1,5 Hari?

Dalam sebuah pengumumannya, raksasa elektronik asal Korea Selatan itu mengatakan bahwa SSD PM1643 mampu menampung ribuan film yakni sekitar 5.700 film HD, dengan asumsi tiap file film berukuran 5 GB.

Copyright ©Kompas

Kapasitas sang SSD baru dua kali lebih tinggi dibandingkan SSD sebelumnya yang hanya sebesar 15,36 TB yang diumumkan pada bulan Maret tahun 2016 silam.

BACA JUGA: Varian Warna Baru Samsung Galaxy J2 Pro Hadir di Indonesia, Apa Saja?

Akan tetapi SSD PM1643 ini sebenarnya bukan ditujukan bagi para pengguna rumahan, melainkan untuk kalangan enterprise. Yang paling menarik, antarmukanya menggunakan Serial Attached SCSI (ASA).

Sementara itu kecepatan sequential read speed dan write speed masing-masing diklaim mencapai 2.100 MB per detik dan 1.700 MB per detik, atau sekitar tiga kali lebih tinggi dibandingkan rata-rata SSD untuk desktop, macam seri 850 Evo dari Samsung.

Seperti yang dilansir dari The Verge pada hari Rabu, 21 Februari 2018, untuk bisa mewujudkan kapasitas SSD sebesar itu, perusahaan asal Negeri Ginseng ini menggunakan 32 paket memori flash jenis NAND 1 TB yang masing-masing terdiri dari 16 layer chip V-NAND 512 GB.

Rupanya pada pekan ini perusahaan baru mengumumkan terkait dimulainya produksi i SSD PM1643. Namun sayangnya hingga saat ini pemasaran ataupun harga jualnya masih belum tercium publik. Alangkah lebih baik kita menunggu infiormasi terbaru saja ya.

Sekedar informasi, pada tahun 2016 silam perusahaan Samsung pernah meluncurkan media  Solid-State Drive (SSD) berukuran sebesar uang logam dan beratnya hanya 1 gram. Namun untuk ruang penyimpanan yang disediakan seolah berbanding terbalik dengan dimensi fisiknya, yakni mencapai 512 GB. Tidak hanya ukurannya yang mungil, namun kinerja baca dan tulis masing-masing mencapai 1.500 Megabyte per detik (MBps) dan 900 MBps.

BACA JUGA: Bocor Lewat Video Hands-on, Samsung Galaxy A8 Plus Semakin Hits dengan Layar Infinity Display

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here