Qualcomm Akan Luncurkan Snapdragon 855 dengan Teknologi 7nm?

0
1260
Qualcomm Snapdragon 855
Copyright ©MixIndia

Qualcomm Snapdragon 855 Disiapkan dengan Proses 7nm Canggih?

OKETEKNO.COM – Processor yang banyak dibenamkan dalam perangkat smartphone maupun tablet pintar memang diusung oleh beberapa perusahaan salah satunya adalah Qualcomm. Saat ini seri processor terbaru yang telah diluncurkan oleh Qualcomm adalah Snapdragon 845 dimana telah diadopsi oleh beberapa produsen smartphone untuk flagship terbaru garapannya. Kabar terbaru menyebutkan, perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat itu akan meluncurkan chip terbaru yakni Snapdragon 855 dengan membawakan teknologi 7nm. Benarkah?

Untuk diketahui chip terbaru Snapdragon 845 saat ini telah banyak diadopsi pada ssejumlah flagship sebut saja Samsung Galaxy S9, LG G7, Xiaomi Mi 7, Sony Xperia XZ Pro A hingga Google Pixel 3 XL yang kesemuanya segera melengang di pasaran. Dan seperti chip sebelumnya yakni Qualcomm Snapdragon 835, Snapdragon 845 dibangun dengan proses 10nm. Usut punya usut, perusahaan yang bermarkas di California ini akan kembangkan generasi baru bernama Snapdragon 855. Hanya saja belum ada konfirmasi apakah chip tersebut dibangun dengan teknologi chip 7nm ataukah tidak.

Baca Juga Qualcomm dan Nokia Sukses Tuntaskan Uji Coba 5G!

Namun baru-baru ini beredar bocoran informasi yang bersumber dri postingan akun Twitter Roland Quandt @rquandt. Pada bocoran tersebut memperlihatkan sedikit petunjuk mengenai processor terbaru generasi yang akan datang. Chip terbaru tersebut akan hadir dengan membawa nama Qualcommm Snapdragon 855 yang memiliki pemrosesan lebih tangguh dan canggih.

Rumor Snapdragon 855
Copyright ©Indianexpress

Sementara itu bocoran informasi tersebut terkuak dari semacam deskripsi pekerjaan dari salah satu kontraktor yang tengah menggarap chipset jenis ini. Dari deskripsi itulah terkuak bahwa chip Snapdragon 855 dari Qualcomm ini nantinya akan ahdir dengan dibangun pada proses 7nm yang tentunya jauh lebih tangguh.

Beradar kabar bahwa vendor Samsung adalah satu-satunya produsen chipset yang akan memproduksi Snapdragon 855. Akan tetapi beredar kabar bahwa chipset tersebeut juga akan digarap oleh TSMC. Akan tetapi kabar ini belum mendapatkan konfirmasi dari pihak Qualcomm sendiri.

Baca Juga Rumor Nokia 7 Plus, Versi Upgrade dengan Chip Qualcomm Snapdragon 660

Kabar lain yang beredar beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa Qualcomm sendiri saat ini tengah menyiapkan dua modem generasi terbaru yang kabarnya siap meluncur pada tahun 2019 mendatang yakni X24 dan X50. Chip X24 sendiri akan dibangu dengan teknologi 7nm dimana mendukung akses internet berkecepatan LTE hingga 2 Gbps. Besar kemungkinan X24 ini sendiri bersama Snapdragon 855 akan dibangun dengan mengusunng teknologi serupa.

Sayangnya hingga kabar ini dimuat belum ada informasi lebih detail mengenai fitur tangguh apa yang akan dibawakan dari chip Qualcomm Snapdragon 855. Selain itu smartphone pertama yang akan menjalankan processor dari SD 855 ini juga belum diketahui. So, kita nantikan saja informasi terbarunya.

Baca Juga Berseteru dengan Qualcomm, Apple Beralih ke MediaTek?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here