Oppo A83 Hanya Dibekali Pemindai Wajah, Apakah Aman?

0
785
Copyright ©Kompas

Begini Penjelasan Terkait Keamanan Oppo A83!

Oketekno.com – Seperti yang kamu tahu, Oppo menjual Oppo A83 dengan harga Rp 3 juta. Tentunya harga ini lebih murah jika dibandingkan dengan seri F5 yang terdiri dari tiga model. Dibanderol lebih rendah pastinya ada beberapa fitur yang dihilangkan.

Misalnya Smartphone A83 yang hadir tidak dibekali dengan pemindai sidik jari seperti yang ada di F5. Bahkan ponsel ini hanya mengandalkan teknologi biometrik berbasis pengenalan wajah dan artificial intelligence (AI) yang disematkan pada kamera depan.

Meski begitu, Aryo Meidianto selaku PR Manager Oppo Indonesia mengatakan bahwa teknoogi face recognition yang ada diperangkat barunya ini punya tingkat keamanan sangat baik dan tak bisa dibohongi dengan menggunakan foto wajah.

BACA JUGA: Ludes Dalam Waktu Singkat, Apa Sih Keunggulan Oppo A83?

Hal ini dikarenakan AI face recognition cara kerjanya yakni dengan mencocokan sebanyak 128 titik berbeda di wajah pengguna secara tiga dimensi. “Jadi, hanya bisa di-unlock dengan wajah sungguhan, tidak bisa pakai foto,” Kata Aryo saat ditemui di Jakarta pada hari Rabu, 21 Februari 2018 kemarin.

Copyright ©kompastekno

Teknologi AI yang sama juga digunakan untuk memperindah jepretan foto selfie di Oppo A83 dan seri F5. Yang membedakan yakni jumlah titik yang dipindai lebih banyak, tepatnya ada 254 titik.

BACA JUGA: Harga Oppo A83 Terbaru Februari 2018, Layar Fullscreen 5.7 Inch Kekinian RAM 4GB

Selain itu, pria berkacamata ini menjelaskan mengenai proses A83 dan seri F3 ditangani oleh CPU dan pengolah grafis (GPU) yang tertanam di System-on-Chip (SoC) MediaTek Helio P23.

Rupanya salah satu vendor Smartphone asal Tiongkok ini tidak akan mengandalkan chip terpisah untuk AI (Neural Processing Unit) dengan alasan menghemat pemakaian daya perangkat, di samping faktor kinerja chip Helio P23 yang telah memadai untuk menangani hal tersebut.

Sementara itu di luar kesamaan SoC, terdapat beberapa perbedaan spesifikasi antara A83 dengan seri F3 yakni seperti ukuran dan resolusi layar lebih kecil, serta resolusi kamera yang lebih rendah. Akan tetapi dengan adanya teknologi Al yang disematkan pada kedua lini tersebut bisa dikatakan sama.

Rupanya Oppo A83 sendiri bisa dikatakan sebagai versi lebih murah dari seri F5 yang dapat dimiliki kalangan konsumen lebih luas. “Kalau cuma mengandalkan F series, pasarnya tidak akan sebesar A series. Lewat A series ini kami bisa masuk ke berbagai lapisan konsumen,” Pungkas Aryo.

BACA JUGA: Perbandingan Oppo A83 vs Xiaomi Redmi Note 5A Prime di Indonesia, Mana Terbaik?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here