Jangan Telat! Yuk Cek Skema Pemblokiran Registrasi Kartu SIM!

0
811
Data Registrasi SIM Prabayar
Copyright©tribunnews

Yuk Cek Skema Pemblokiran Registrasi Kartu SIM Disini!

Oketekno.com – Hanya tinggal menunggu hari, Registrasi Kartu SIM prabayar akan berakhir. Nah, bagi kamu yang belum mendaftarkan ulang nomor dengan mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK), yuk segera lakukan. Kalau tidak, akan mendapat sanksi dari pemerintah berupa pemblokiran yang dilakukan oleh Kementerian Komuniikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Belum lama ini Kemkominfo telah menjelaskan ada beberapa tahap pemblokiran bagi nomor yang tidak mendaftar. Pemblokiran ini akan dilakukan secara bertahap selama dua bulan, yakni hingga 28 April 2018.

Di tahap pertama, jika tanggal 28 belum juga melakukan registrasi SIM, maka pemerintah masih memberikan masa tenggang selama 30 hari. Selama masa tenggang, jika belum juga melakukan pendaftaran, Kemkominfo memblokir layanan panggilan keluar dan SMS.

BACA JUGA: Bagi yang Belum Berusia 17 Tahun atau Belum Dapatkan E-KTP, Bagaimana Caranya Registrasi Kartu SIM?

Jika 15 hari setelahnya tapi pelanggan belum juga mendaftarkan kartu SIM prabayarnya, maka panggilan masuk dan SMS akan diblokir. Dan nantinya  hanya paket internet yang akan aktif selama 15 hari.

Copyright ©SIM

Sementara itu, per tanggal 20 Februari 2018 sudah ada lebih dari 242 juta pelanggan seluler sudah melakukan registrasi. Menjelang batas akhir Registrasi Kartu SIM, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Ahmad M Ramli terus menghimbau kepada masyarakat.

BACA JUGA: Jelang Waktu Penutupan, Registrasi Kartu SIM Prabayar Capai 226 Juta Pelanggan!

“Pelanggan dan siapa pun diingatkan agar menggunakan data NIK dan Nomor KK secara benar. Menggunakan data NIK dan KK orang lain tanpa hak adalah dilarang dan merupakan pelanggaran hukum,” Ungkap Ramli.

Selain itu Ramli juga mengimbau pada masyarakat untuk tidak meregistrasi SIM dengan NIK dan nomor KK yang diunggah oleh pihak bertanggung jawab ke internet. Seperti yang sudah kamu ketahui, tujuan dilakukannya registrasi ulang ini tak lain untuk keamanan serta kenyamanan pelanggan dan untuk memudahkan dalam pencarian ponsel yang hilang.

Selama masa pemblokiran tersebut, masyarakat masih tetap dapat melakukan registrasi melalui SMS, website, dan datang langsung ke gerai operator. Layanan khusus SMS registrasi ke 4444 terus bisa digunakan masyarakat yang ingin melakukan registrasi. Jika tidak ingin terkena sanksi dari Kemkominfo, yuk segera Registrasi Kartu SIM kamu.

BACA JUGA: Jangan Lupa! Terakhir Registrasi Kartu SIM 28 Februari 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here