Oh, Ternyata Ini Wilayah Indonesia yang Rajin Internetan!

0
2327
Copyright ©Ist

Wilayah Indonesia yang Rajin Internetan, Bali Tempati Posisi Kelima!

Oketekno.com – Baru-baru ini Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ( APJII) merilis sebuah laporan mengenai perilaku penggunaan Internet Indonesia disepanjang tahun 2017.

Berdasarkan dari hasil survei yang dilakukan, pengguna Internet di Tanah Air telah menembus angka 143,27 juta dari total populasi penduduk.

Dari laporan yang dirilisnya itu, APJII pun mencatat wilayah dengan penggunaan internet paling banyak. Dan dari hasil tersebut, menyebutkan kalau wilayah Jawa lah yang mendominasi paling banyak.

BACA JUGA: Gampang Banget, Begini Tips Cari Biodata Orang di Internet!

Survei itu mencatat jumlah pengguna internet di Jawa mencapai 58,08 persen dari total pengguna di Indonesia. Kendati begitu, penetrasi penyebaran masih setengahnya yaitu sebesar 57,7 persen dari total penduduk di Jawa.

Copyright ©Uzone

Kemudian di posisi kedua, diduduki oleh wilayah Sumatra dengan jumlah pemakai internet mencapai 19,05 persen. Dan penetrasinya pun terbilang lebih rendah ketimbang di wilayah jawab yakni hanya ada sekitar 47,2 persen.

BACA JUGA: Spesial Hari Ini, Internet 25GB Telkomsel Cuma Rp 100 Ribu Lho!

Selanjutnya di posisi ketiga,ditempati oleh wilayah Kalimantan dengan jumlah pengguna 7,97 persen. Dibandingkan dengan wilayah Jawa, penetrasi penyebaran internetnya cukup tinggi. Ya, wilayah ini mencatat penetrasi sebaran penggunaan  internet terbesar dengan angka mencapai 72,19 persen.

Selanjutnya wilayah sulesi menyusul di posisi keempat dengan jumlah pengguna Internet mencapai 6,73 persen. Penetrasi penyebarannya pun juga jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan wilayah Sumatra. Di Sulawesi, penetrasi hanya tercatat sekitar 46,7 persen.

Sementara itu di posisi kelima ditempati Bali dan Nusa Tenggara. Presentasenya menunjukkan bahwa penggunanya baru ada 5,63 persen dari jumlah total populasi. Akan tetapi penetrasinya jauh lebih tinggi dari Jawa dan Sumatera. Penetrasi penggunaan di Bali mencapai 54,23 persen.

Dan kemudian wilayah Maluku dan Papua menempati posisi terakhir. Yakni hanya 2,49 persen, dan penetrasinya masih rendah yakni 41,98 persen.

Dapat disimpulkan bahwa wilayah Jawa mengantongi predikat sebagai wilayah dengan penggunaan internet paling tinggi. Dari laporan data APJII, kaum laki-laki yang mendominasi penggunaan internet.

Dari 143,26 juta pengguna, sebanyak 51,43 persen berjenis kelamin laki-laki. Sementara pengguna perempuan hanya selisih sedikit yakni 48,47 persen. Sementara itu, dalam survei yang dilakukannya ini APJII menggunakan 2.500 responden dengan margin of error +- 1,96 persen dan level of confidence 95 persen.

BACA JUGA: Ampuh! Berikut 5 Cara Mengatasi Koneksi Internet yang Putus Secara Tiba-tiba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here