Keren, Kartu SIM Bakal Ditanam di Dalam Prosesor!

0
956
Copyright ©Detik

Kartu SIM Bakal Ditanam di Dalam Prosesor, Seperti Apa?

Oketekno.com – Kabarnya sebuah perusahaan khusus penyedia chip telah berencana untuk mengintegrasikan dua komponen utama dalam gadget, yakni kartu SIM dan prosesor digabungkan jadi satu.

Perusahaan asal Inggris ternama yang bergerak di bidang teknologi microprocessor bernama ARM, dikabarkan tengah mengembangkan sebuah produk yang beri nama iSIM, yakni sebuah SIM yang disematkan ke dalam prosesor.

Perusahaan itu menyebut bahwa iSIM bisa menghemat banyak ruang dalam sebuah perangkat, mengingat SIM berukuran nano memiliki ukuran sekitar 12,3 mm x 8,8 mm, belum lagi tempat untuk menampungnya.

BACA JUGA: Ssst, Begini Cara Mudah Jadi Hacker Lewat Smartphone Android!

Tentunya penghematan ruangan ini akan berujung pada pengurangan biaya produsi. Salah satu yang menjadi tujuan perusahaan Inggris ini tak lain adalah pengembangan iSIM. Tak hanya itu saja, desain yang akan hadirkan chip tersebut diharapkan dapat masuk ke sejumlah perangkat yang berbasis Internet of Things (IoT).

Copyright ©Detik

Bukan tanpa alasan, hal ini mengingatnya tren yang makin marak dari tahun ke tahun. Maka di dalam tahap awal proses produksi ini, perusahaan akan menargetkan pada perangkat berbasis IoT seperti sensor nirkabel. Perangkat berbasis IoT seperti sensor nirkabel yang memang membutuhkan layanan seluler untuk melaporkan hasil temuannya.

BACA JUGA: Jangan Telat! Yuk Cek Skema Pemblokiran Registrasi Kartu SIM!

Belum lama ini seorang perwakilan dari ARM mengatakan bahwa perusahaan telah mengirimkan desain kartu SIM yang disematkan kedalam prosesor ini kepada sejumlah pihak yang memang sudah menjalin kerja sama dengan ARM.

“Kami sudah mengirim desain dari iSIM kepada pihak-pihak yang bekerja sama dengan kami. Harapannya, chip tersebut sudah dapat tersedia pada akhir tahun ini,” Kata perwakilan dari ARM, seperti dilansir dari The Verge, Kamis (22/2/2018).

Dan salah satu yang menjadi tantangan terbesar bagi ARM ke depan adalah kesediaan dari para operator dalam mengadaptasi teknologi terbaru mereka tersebut. Terlebih lagi sudah ada alternatif dari model Nano SIM yaitu eSIM (electronic SIM atau embedded SIM), yang ukurannya lebih kecil dari yang sebelumnya.

Selain itu iSIM memungkinkan pengguna untuk berganti operator ketika akan berpergian ke luar negeri tanpa harus ribet memasukkan kartu SIM yang baru. Bahkan konsep ini sudah mulai diterapkan di sejumlah perangkat seperti Apple Watch Series 3 dan Google Pixel 2.

BACA JUGA: Biar Tidak Diblokir, Begini Cara Registrasi dan Daftar Ulang Kartu Telkomsel!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here