Bikin Boros Baterai, Begini Cara Setting Google Play Service Android!

0
15745
Copyright ©Brilio

Tips Mengatur Google Play Service Android Agar Tak Boros Baterai

oketekno.com – Dari sekian banyak aplikasi pada perangkat android, maka aplikasi Google Play Service menjadi salah satu aplikasi yang sangat vital, karena peranannya untuk menjalankan sistem operasi pada perangkat smartphone kalian.

Google Play Service ini memiliki fungsi sebagai pelayan sinkronisasi seperti Akun Google, Gmail, hingga melacak lokasi (GPS). Maka dari itu aplikasi ini cukup besar menyedot daya baterainya.

Baca juga: Cara Hapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root Smartphone

Tentu sangat menyebalkan ya jika kapasitas baterai cepat boros karena aplikasi ini? nah berikut ini kami memiliki tips dan trik tentang Cara Setting Google Play Service Android yang bisa kalian coba dibawah ini.

Copyright ©Brilio

Cara Setting Google Play Service Android

Setting Lokasi

Fitur lokasi atau biasa disebut GPS memang paling banyak menyedot daya baterai, karena aplikasi ini membutuhkan pelacakan lokasi secara realtime, maka dari itu aplikasi ini bakal meminta Google Play Service untuk mengaktifkannya.

Nah untuk Cara Setting Google Play Service Android agar tidak terlalu boros baterai saat menggunakan GPS, maka silahkan menuju ke menu Setting >> Location >> lalu ubah ke mode ‘Battery Saving’. Dengan begini akan mencegah Google Play Services mengaktifkan GPS secara otomatis saat meminta izin lokasi.

Copyright ©Kompastekno

Pengaturan Sinkronisasi

Jika baterai ponsel android kalian masih boros, maka langkah selanjutnya ialah dengan melakukan setup lokasi dengan pengaturan pada bagian sinkronisasi. Untuk kalian penggunaan perangkat dengan OS dibawah Android Oreo, maka caranya silahkan menuju ke menu Setting >> Account. Setelah itu ketuk ikon tiga titik vertikel dibagian pojok kanan atas, setelah itu silahkan hilangkan centang pada ‘Auto-Sync data’.

Copyright ©Kompastekno

Sementara untuk pengguna OS Android Oreo, maka silahkan menuju ke menu setting>> User & Accounts, setelah itu silahkan non-aktifkan pada Automatically Sync data yang berada dibagian bawah.

Factory Reset

Cara Setting Google Play Service Android agar Tidak boros baterai yang terakhir adalah melakukan factory reset. Bisa jadi, penyebab baterai boros tersebut lantaran ada beberapa software yang mengalami masalah atau ada virus didalamnya, untuk mengatasi ini maka kalian bisa melakukan factory reset nanti.

Baca juga: 6 Tips Ampuh Agar Smartphone Android Hemat Paket Data!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here