5 Tips Mudah Kenali Aplikasi Palsu di Play Store!

0
3521
G Play Store
Copyright ©wcc

Ssst, Ini Dia Tips Mudah Kenali Aplikasi Palsu di Play Store!

Oketekno.com – Meski Play Store dikatakan sebagai tempat paling aman untuk mengunduh aplikasi, namun sebaiknya kamu tetap berhati-hati. Sebab bisa jadi aplikasi yang kamu unduh merupakan aplikasi palsu alias abal-abal.

Bukan tanpa alasan, pasalnya aplikasi-aplikasi palsu itu tampilannya sangat mirip dengan aslinya. Misalnya saja WhatsApp palsu yang diunduh oleh lebih dari satu juta orang. Ini membuktikan bahwa orang yang memalsukan aplikasi tersebut sangat hebat.

Lantas apa kerugiannya? Ya, jika mengunduh aplikasi palsu perangkat kamu akan banjir  dengan iklan. Yang paling parah adalah kamu akan menerima virus yang kemungkinan bisa mencuri data. Lalu bagaimana kita tahu kalau aplikasi itu asli atau bukan? Tenang saja, berikut ini ada beberapa Tips Mudah Kenali Aplikasi Palsu di Play Store yang bisa kamu simak.

BACA JUGA: Keren, Samsung Galaxy S9 Bakal di Lihat Via Aplikasi AR Pada MWC 2018

1.Perhatikan dengan Snagat Detail Hasil Pencarian di Play Store

Pada umumnya, pembuat aplikasi palsu akan menggunakan ikon yang sama persis dengan aplikasi asli. Sebab mereka sedang berusaha mencari mangsa dengan cara seperti itu.

Copyright ©play store

2.Perhatikan Nama Aplikasi dan Pembuat Aplikasi tersebut

Ketika menemukan ikon yang sama, maka ikan nama aplikasi itu dan pembuat aplikasi itu. Nama aplikasi biasanya mirip, misalnya Swiftkey dan Swift Keyboard.  Mislanya pembuat aplikasi Swift Keyboard adalah Designer Superman, padahal Swiftkey dirilis oleh Microsoft.  Kamu bisa meng-klik dibagian nama pembuat dan scroll hingga bahwa dan nantinya akan muncul aplikasi besutan lainnya.

BACA JUGA: 3 Cara Melacak Ponsel Hilang Dengan atau Tanpa Aplikasi!

3.Cek Jumlah Unduhan Aplikasi

Tips Mudah Kenali Aplikasi Palsu di Play Store selanjutnya yakni mengecek jumlah aplikasi yang telah diunduh. Misalnya kamu mengunduh aplikasi Facebook, Instagram, atau WhatsApp memang bisa dibedakan secara mudah. Sebab aplikasi hits seperti ini diuinduh jutaan pengguna. Tapi kalau menemukan aplikasi dengan icon yang sama persis namun hanya di unduh ribuan orang, sudah pasti itu palsu.

4.Selalu Baca Deskripsi dan Gambar Screenshot

Jika kamu menjumpai deskripsi dengan bahasa yang tidak karuan, maka bisa dipastikan itu aplikasi palsu. Pembuat aplikasi asli menggunakan tata bahasa yang baik dan menarik.

5.Baca Kolom Komentar

Namun bisa jadi komentar yang ada adalah komentar palsu. Tapi jika ada seseorang yang sadar bahwa itu aplikasi palsu, maka akan meninggalkan komentarnya di kolom komentar.

Nah, itu dia beberapa Tips Mudah Kenali Aplikasi Palsu di Play Store.

BACA JUGA: Ternyata Ini Aplikasi Samsung yang Paling Banyak Menguras Daya Baterai Ponsel!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here