Demi Cegah Pengintip, WhatsApp Gelontorkan Dana Rp 683 Miliar!

0
1163
Copyright ©Teckbe

WhatsApp Gelontorkan Dana Rp 683 Miliar Demi Cegah Pengintip!

Oketekno.com – Belum lama ini Brian Acton yang merupakan salah satu pendiri aplikasi WhatsApp dikabarkan memberikan dana sebesar US$50 juta atau sekitar Rp683 miliar kepada perusahaan pembuat aplikasi Signal Protocol. Hal ini dilakukannya tak lain guna meningkatkan keamanan layanan.

Dengan dana sebanyak ini, perusahaan yang bergerak dalam bidang layanan enkripsi ini bisa melakukan perbaikan pada kekurangan sumber daya manusia untuk mengembangkan teknologinya. Bahkan mereka dapat memperkerjakan lebih banyak orang, meningkatkan kapasitas, hingga menetapkan ambisi yang lebih tinggi lagi.

Seperti yang diketahui, Enkripsi Signal digunakan untuk melindungi pesan dan komunikasi dari pihak-pihak yang berusaha mengintip. Rupanya saat ini Enkripsi Signal sudah digunakan oleh WhatsApp, Facebook MessengerSkype, dan beberapa aplikasi lain yang mereka buat sendiri yakni Signal Messenger.

BACA JUGA: Waduh, Ada Celah Pada Fitur Menghapus Pesan WhatsApp, Seperti Apa?

Saat ini memang semakin banyak orang memanfaatkan adanya internet. Bahkan mereka sering melakukan banyak hal hanya dengan melalui online. Maka dari itu, perliundungan data serta privasi merupakan salah satu hal paling panting. Sebab semua orang berhak mendapatkan perlindungan.

Copyright ©WhatsApp

“Semakin lama kehidupan kita di dunia online, pelindungan data dan privasi adalah hal penting. Semua orang berhak dilindungi,” Kata Acton seperti yang dilansir dari TechTimes, Sabtu 24 Februari 2018 lalu.

BACA JUGA: WhatsApp Business Vs. WhatsApp Messenger, Lebih Berguna yang Mana?

Setelah kejadian yang dialami Edward Snowden, melindungi komunikasi pribadi menjadi hal yang sering dibicarakan, khususnya di wilayah Amerika Serikat (AS).

Akan tetapi, teknologi ekripsi ini masih saja diwarnai dengan kontroversi. FBI serta beberapa agensi lain menyebutkan bahwa mereka tak bisa mendukung teknologi itu. Sebab harus melacak sejumlah kriminal dan teroris melalui percakapan secara pribadi di dunia maya.

Disatu sisi, pihak perusahaan teknologi mengatakan bahwa pesan yang mengadopsi teknologi enskripsi diciptakan supaya hak setiap orang atas privasi dan keamanan bisa selalu terpenuhi.

Rupanya salah satu yang dilakukan oleh Signal Foundation, yang membuat komunikasi pribadi jadi lebih aman dan lebih mudah ketika di akses.

“Kami membuat Signal Foundation sebagai respons atas kebutuhan global. Misi kami untuk menjadi pionir model terbaru dari teknologi nonprofit, yang fokus pada privasi dan perlindungan data kepada semua orang, di manapun,” Pungkasnya.

BACA JUGA: Jangan Cemas, Begini Cara Mudah Untuk  Mengetahui WhatsApp Disadap!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here