Kepanikan Para Penumpang Saat Powerbank Terbakar di Kabin Pesawat!

0
383
Copyright ©CNA

Powerbank Terbakar di Kabin Pesawat, Bikin Penumpang Kepanikan!

Oketekno.com – Tiba-tiba saja ketenangan para penumpang China Southern Airlines yang akan bertolak dari Guangzhou ke Shanghai langsung berubah menjadi kepanikan. Kepanikan ini terjadi tepatnya pada hari Minggu 25 Februari 2018 kemarin.

Bagaimana tidak, mendadak kobaran api muncul dari salah satu tas penumpang yang diletakkan di bagasi atas kabin. Dan setelah ditelusuri lebih dalam, rupanya api tersebut berasal dari Powerbank yang tersimpan di dalam tas tersebut. Dari pengakuan si pemilik, saat itu dirinya tidak menggunakannya untuk pengisian ponsel.

Rupanya kejadian kebakaran dalam pesawat pertama kali diketahui oleh salah satu penumpang pesawat dengan nomor penerbangan CZ3539. Kala itu, penumpang tersebut melihat ada asap yang mengepul dan kemudian disusul kobaran api cukup besar muncul dari sebuah tas.

BACA JUGA: Versi ‘Murah’ iPhone X Diprediksi Bakal Laris!

Melihat kejadian itu, para penumpang lainnya pun ikut kepanikan. Bahkan sebagian dari mereka berusaha menyelamatkan tas yang terletak di dekat sumber kebakaran. Sedangkan seorang pramugari dan penumpang nampak berusaha memadamkan api. Keduanya berusaha memadamkan api dengan sebotol air putih dan minuman jus dalam botol.

Copyright ©CNA

Beberapa saat kemudian kobaran api berhasil di padamkan. Setelah berhasil dipadamkan, para penumpang pesawat pun kemudian di evakuasi. Sedangkan penumpang dari pemilik tas yang berisikan Powerbank terbakar yang tak disebutkan namanya itu dimintai keterangan oleh pihak kepolisian untuk membantu proses penyelidikan.

BACA JUGA: Ini Dia Negara-negara yang Bakal Cicipi Teknologi 5G!

Atas kejadian tersebut, penerbangan dari Guangzhou ke Shanghai itu sempat ditunda hingga kurang lebih selama 3 jam. Hingga akhirnya sebuah pesawat pengganti dikerahkan untuk mengangkut para penumpang tersebut.

Tepatnya pda pukul 14.53 waktu setempat, pesawat pengganti bertolak dari Bandara Internasional Guangzhou Baiyun ke Bandara Internasional Hongqiao Shanghai.

Berdasarkan informasi dari Channel News Asia pada hari Senin 26 Februari 2018,  sejumlah perangkat yang menggunakan baterai lithium-ion memang sangat mudah terbakar. Terlebih jika diletakkan di dalam pesawat.

Karena hal itulah, pihak Organisasi Sipil Internasional melarang keberadaan perangkat yang menggunakan baterai lithium-ion berada di kabin pesawat lantaran rawan terbakar. Dan jika memang harus di bawa, baterai tersebut harus dilepaskan dari perangkat serta diletakkan secara berjauhan.

BACA JUGA: Google Assistant Dijanjikan Dapat Fitur dan Bahasa Tambahan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here