Ingin Pesan Pribadi Aman? Yuk Simak Nih 5 Tips Menjaga Privasi Pesan

0
753
Copyright©TabloidPulsa

Berikut 5 Tips Menjaga Privasi Pesan yang Perlu Kamu Perhatikan

Oketekno.comPonsel merupakan perangkat pribadi yang memuat data sensitive dan tempat berlintasnya berbagai macam pesan yang ditujukan khusus untuk si pemilik ponsel tersebut. Namun, kesan pribadi tersebut belum bisa disepakati oleh banyak orang, terutama mereka yang masih di bawah umur, seperti anak atau mungkin keponakan.

Hal ini dapat dibuktikan dengan rasa tanpa bersalahnya ketika meminjam ponsel kita, mungkin untuk browsing atau membuka Youtube dan mungkin untuk memotret sesuatu tanpa mempedulikan apakah itu sensitive atau tidak. Eits, bukannya saya mengajarkan untuk pelit meminjamkannya loh ya!

Tapi, coba fikirkan ketika ponsel kita sedang dibawa oleh orang lain semisal ada pesan pribadi yang penting dan mengharuskan hanya anda yang bisa melihatnya tersebut telah dibaca oleh orang lain, dan paling menyebalkan lagi jika orang tersebut membalasnya seakan-akan menjadi diri kita.

Baca Juga : Kini Pesan Hotel dan Tiket Pesawat Bisa Via Google!

Namun, iPhone nampaknya sebuah perangkat ponsel premium yang menyediakan berbagai macam fitur penting untuk mengatasi hal serupa ini. Namun, agar imbang langsung saja nih simak 5 Tips Menjaga Privasi Pesan, dan perhatikan kelebihan dan kekurangan ketika anda mengaktifkan fitur tersebut.

Berikut Ini 5 Tips Menjaga Privasi Pesan yang Perlu Diperhatikan

Copyright©Tabloidpulsa
  1. Matikan Fitur Send Read Receipts

Fitur ini telah hadir di iMessage yang berguna untuk mempermudah dan meyakinkan pengirim pesan bahwa pesannya telah kita baca. Namun, justru negative jika ternyata kita mempunyai niat untuk membalasnya di kemudian hari dan tanpa sengaja telah dibaca oleh orang lain. Sehingga si pengirim tersebut akan berfikir kenapa kita tidak membalasnya dan akan dinilai sombong olehnya, padahal mungkin anda sendiri tidak menyadari bahwa ada pesan terkirim untuk anda.

Copyright©Tabloidpulsa

Untuk itu, langsung saja matikan fitur ini dengan membuka menu Settings >pilih iMessage, lalu scroll ke bawah dan temukan pilihan Send Read Receipts dan pastikan bahwa slider yang ada di kanannya tidak menyala atau dalam keadaan OFF.

  1. Matikan Preview Notifikasi
Copyright©Tabloidpulsa

Agar pesan kita tidak dibaca oleh orang lain maka nonaktifkan notifikasi dengan membuka menu Settings >Notifications, lalu pada bagian Show Previews anda bisa memilih untuk selalu memperlihatkan preview (Always) atau hanya akan menampilkannya ketika layar terkunci (When Unlocked) atau mungkin tidak menampilkannya sama sekali (Never). Pilihlah Never agar tidak menampikan notifikasi ketika ponsel dipinjam oleh orang lain yang digunakan untuk selfie saja.

Baca Juga : Cara Mematikan Pesan Notifikasi Menganggu Saat Main Game

  1. Kirim dan Terima Pesan dari iPhone Saja

iPhone memang memiliki fitur Text Message Forwarding yang digunakan untuk membaca dan mengirim pesan melalui perangkat Mac atau iPad. Namun, hal ini ternyata bisa menyebarkan pesan anda ke beberapa perangkat berbeda dan mungkin salah satunya sedang tidak anda monitor, sehingga orang lain mampu membacanya.

Copyright©Tabloidpulsa

Untuk itu, matikan saja fitur tersebut dengan membuka menu Settings > Message > Text Message Forwarding, setelah itu langsung geser switch yang tersedia di bagian kanan nama perangkat sekunder ke OFF.

  1. Hapus Pesan Lama Secara Otomatis

iPhone telah memiliki fitur untuk menghapus pesan lama secara otomatis dalam jangka waktu tertentu. Sehingga, pesan-pesan lawas tidak akan tersimpan di ponsel. Untuk itu langsung masuk ke menu Settings >Message >pilih Keep Message. Dalam situlah terdapat pilihan 30 hari, 1 tahun dan selamanya. Anda bisa memilih waktu tersebut untuk mengurangi kemungkinan terbacanya pesan pribadi oleh orang lain.

Copyright©TabloidPulsa
  1. Aktifkan Fitur Bagi Nomor yang Tidak Tersimpan di Kontak

Mungkin anda telah terganggu dengan adanya sms dari nomor tak dikenal yang menawarkan produk tidak jelas atau mungkin sedang iseng, anda bisa mengklasifikasi nomor tersebut tanpa membutuhkan aplikasi pihak ketiga.

Dengan cara membuka menu Settings >Message >kemudian, Aktifkan Fitur Unknown Senders, sehingga pesan dari nomor tersebut secara otomatis masuk ke daftar unknown sender dan kita tidak akan mendapatkan notifikasinya lagi. Nah, itulah ke- 5 Tips Menjaga Privasi Pesan agar orang lain tidak membacanya. Dan tentunya tips ini akan membantu kita untuk menjaga privasi pesan. Semoga Bermanfaat!

Baca Juga : Cara Mengetahui Pesan WhatsApp Sudah Dibaca Atau Belum Meski Centang Biru Dimatikan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here