Nokia 8 Sirocco, Perangkat Android One Bezelless Mewah Berlapis Kaca

0
1994
Nokia 8 Sirocco
Copyright©TheVerge

Smartphone Nokia 8 Sirocco Resmi Diperkenalkan di MWC 2018!

OKETEKNO.COM – Pagelaran akbar Mobile World Congress (MWC) 2018 memang tengah berlangsung di Barcelona, Spanyol saat ini. Sejumlah produsen smartphone bahkan sudah mulai unjuk gigi merilis ponsel cerdas garapannya di sejumlah segmen mulai dari segmen entry level hingga high-end tak terkecuali vendor Nokia yang berada dibawah lisensi HMD Global. Pabrikan yang berbasis di Finlandia tersebut telah resmi memerkenalkan beberapa smartphone salah satunya Nokia 8 Sirocco. Perangkat ini diketahui merupakan ponsel Android One nyaris tanpa bezell bahkan memiliki desain mewah berlapis kaca. Seperti apa kemewahannya?

Smartphone Android One Nokia 8 Sirocco ini sendiri hadir sebagai smartphone premium HMD Glonal yang memang meluncur di event tahunan MWC 2018. Diketahui model ponsel ini merupakan versi upgrade perangkat Nokia 8 yang telah resmi dirilis secara global sejak Agustus 2017 silam. Kehadiran smartphone premium ini bahkan siap menjadi pesaing Samsung Galaxy S9 yang juga melenggang di pagelaran akbar di Negeri Matador tersebut.

Baca Juga Akhirnya, Nokia 3 Dapat Update Android Oreo!

Kendati membawa nama yang sama dengan Nokia 8, namun perangkat ini hadir dalam embel-embel nama ‘Sirocco’ di belakangnya. Bahkan dari spesifikasi yang dimiliki juga diketahui terpaut cukup jauh dimana Nokia 8 Sirocco ini hadir dengan desain yang jauh lebih memukau dan mewah. Bahkan bodinya didesain cukup tipis dengan prosentase 95 persen bodinya berlapis material kaca.

Sementara itu pemilihan material kaca atau glassess pada Nokia 8 Sirocco ini sendiri bukan tanpa alasan. Pasalnya HMD memilih bahan kaca dengan tujuan sebagai konduktor untuk fitur canggihnya yakni pengisian daya tanpa kabel atau wireless charging. Bahkan dengan tipisnya bingkai yang dimiliki juga bertujuan untuk memindah sensor fingerprint ke bodi belakang perangkat.

Android One Nokia 8 Sirocco
Copyright©TheVerge

Seperti yang kita ketahui bersama, pada perangkat Nokia 8 sendiri sensor pemindai sidik jari terletak dibagian bawah layarnya yang memang hadir dengan bezell sedikit lebar. Kini pada flagship Nokia 8 Sirocco, sensor pemca sidik jari dipindahkan pad apunggung bodinya tepat dibawah dual kamera belakang yang didesain secara vertikal. Desain ponsel yang memang tipis juga dimaksudkan untuk menghilangkan jack audio 3.5 mm sehingga pengguna memerlukan koneksi Bluetooth untuk memasang headphone. Sementara adapter tang terpasang membawa port USB Type-C dimana lebih fleksibel.

Sementara untuk spesifikasi Nokia 8 Sirocco pada dapur pacunya dipersenjatai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 835 masih sama seperti Nokia 8. Hanya saja kapasitas RAM yang dibenamkan lebih besar dimana diperkuat RAM 6 GB juga kapasitas internal 128 GB yang lebih luas. Sementara itu perangkat ini dimotori dengan sistem operasi Android Oreo dimana ponsel ini diketahui merupakan Android One sehingga akan mendapatkan update Software terbaru hingga beberapa tahun kedepan.

Baca Juga Ini Dia si Ponsel Pisang ‘Nokia 8110 Reborn’, Dibanderol Segini!

Bekalan kamera yang dibenamkan pada Nokia 8 Sirocco ini membawa dual kamera belakang dimana memiliki resolusi 12 MP mengusung lensa Carl Zeiss dengan bukaan f1.75. Kamera belakang kedua bersolusi 13 MP dengan lensa telepoto yang mampu digunakan untuk memperbsar gambar sampai dua kali dalam bukaan lensa f/2.6. Kamera ganda di bodi belakang ini juga ddukung dengan LED Flash dan mampu mendukung perekaman video cemerlang. Sementara usungan kamera depannya menawarkan lensa berkekuatan 5 MP dengan sudut pandang 84 derajat.

Ketangguhan perangkat ini juga telah mengantongi sertifikasi IP67 menjadikan bodinya tahan debu dan tahan air. Banderolan harga Nokia 8 Sirocco terbaru kabarnya akan dilepas dengan harga USD 920 atau setara Rp 12.5 jutaan yang mulai dipasarkan pada April 2018. Belum diketahui apakah ponsel ini akan dirilis di Indonesia atau tidak mengingat perangkat Nokia 8 baru saja meluncur di pasar tanah air pada pertengahan Februari lalu.

Baca Juga Nokia 9 Bakal Tampil Dengan Layar Lengkung, Seperti Apa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here