Tren AR Emoji Makin Mewarnai Industri Smartphone!

0
1416
Copyright ©AR

Tren AR Emoji di Industri Smartphone!

Oketekno.com – Sepertinya Emoji tidak hanya sekedar simbol belaka, namun bisa dikatakan menjadi ajang untuk memamerkan teknologi. Hal ini ditandai dengan kehadiran teknologi augmented reality (AR) dan sejumlah pabrikan Smartphone dunia yang mulai mengkolaborasikan kekuatan AR dengan Emoji.

Rupanya Apple sendiri digadang-gadang telah menjadi inovator dalam hal AR Emoji dengan menghadirkan Animoji di perangkat terbarunya yakni iPhone X yang diluncurkan pada bulan September lalu.

Seperti yang kamu tahu, Animoji merupakan salah satu fitur yang paling diunggulkan di iPhone X. Berkat adanya fitur ini, pengguna dapat menciptakan emoji bergerak sesuai dengan ekpresi wajah pengguna. Perusahaan asal Amerika Serikat itu diketahui telah menggunakan perangkat lunak facial recognition.

BACA JUGA: Harga Samsung Galaxy S9 Plus dan Spesifikasi, Phablet Mewah Dual Kamera RAM 6GB

Rupanya Samsung pun juga tak mau ketinggalan dengan tren ini. Raksasa teknologi asal Korea Utara ini turut menghadirkan AR Emoji yang mampu mengubah mimik wajah pengguna jadi emoji sehingga menghasilkan sebuah emoji yang unik dan avatar yang personal.

Copyright ©liputan6

Selain Samsung, Sony pun juga ikut menunjukkan teknologi emoji pada Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona, Spanyol. Sony menghadirkan fitur yang membuat pengguna memindai wajah mereka dan menghasilkan sebuah avatar 3D.

BACA JUGA: Samsung Galaxy S9 Dapat Disulap Jadi Keyboard dan Mouse dengan Dex Pad!

Melalui jalur emoji, tentunya publik di harapkan untuk memahami akan hadirnya teknologi AR, yang mungkin masih belum sepopuler dengan virtual reality (VR).

Seperti yang diketahui, di awal peluncuran Galaxy S9 dan S9 Plus, Head of IT and Mobile Communications Division Samsung DJ Koh, mengatakan bahwa adanya inovasi teknologi terbaru seperti emoji dan foto merupakan salah satu cara manusia untuk berkomunikasi di era Smartphone.

Karena hal itulah pihaknya berupaya mengutamakan emoji sebagai salah satu fitur yang bisa dioptimalkan pada kedua flagship smartphone teranyarnya ini. Memungkinkan pengguna bisa memakai kamera dan mengambil foto selfie untuk bisa dijadikan dalam bentuk GIF atau stiker.

Disatu sisi Senior Manager Channel Marketing Samsung, menuturkan bawa fitur ini dapat berfungsi sebagai avatar. Jadi pengguna bisa memilih tampilan sesuka hati. “Fitur ini memetakan wajah pengguna untuk menciptakan avatar 3D, yang bisa dijadikan stiker atau GIF yang bergerak,” kata Erin.

Selain itu, Samsung juga menjalin kerjasama dengan Disney untuk menggarap AR Emoji. Dengan begitu pengguna dapat memakai emoji karakter Mickey dan Minnie Mouse.

BACA JUGA: Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy J6 Mencuat di GeekBench, Seperti Apa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here