Bagi Kamu Pengguna Tri, Begini Cara Registrasi Kartu SIM!

0
984
Copyright ©Tribunnews

Begini Cara Registrasi Kartu SIM Bagi PenggunaTri!

Oketekno.com – Tepatnya sejak tahun lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkoninfo) mulai gencar mengajak para pengguna seluler untuk melakukan Registrasi Kartu SIM. Pada hari Rabu, 28 Februari 2018 ini, merupakan batas akhir registrasi SIM dan bagi yang belum melakukan registrasi juga maka akan dikenakan sanksi berupa pemblokiran.

Dan setiap operator pun punya cara sendiri untuk melakukan pendaftaran dan memeriksa pendaftaran. Nah informasi kali ini yakni cara registrasi bagi pengguna Tri.

BACA JUGA: Jangan Telat! Yuk Cek Skema Pemblokiran Registrasi Kartu SIM!

Bagi Pelanggan Tri Baru

NIK#NomorKK#

Bagi Pelanggan Tri Lama

ULANG#NIK#NomorKK#

Via online:

Untuk melakukan registrasi secara online, kunjungi situs resmi Tri.

BACA JUGA: Ingin Pesan Pribadi Aman? Yuk Simak Nih 5 Tips Menjaga Privasi Pesan

Copyright ©SIMsim

Setelah mengirimkan SMS registrasi ke 4444, pengguna akan mendapat SMS balasan dari nomor tersebut untuk memberitahukan apabila registrasi sukses atau tidak (misalnya karena nomor NIK atau KK salah).

Dan jangan lupa, pastikan kamu menggunakan Nomor NIK dan KK yang asli. Sebab jika NIK dan KK palsu tidak bisa digunakan karena operator seluler secara otomatis akan mencocokkan informasi yang dikirimkan pelanggan dengan pusat data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

Sementara itu, beberapa hari jelang berakhirnya program Registrasi Kartu SIM ini, Ahmad M. Ramli selaku Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), terus mengingatkan pada masyarakat untuk segera melakukan registrasi SIM.

Hal ini sangat penting dilakukan untuk mencegah pemblokiran dari pemerintah. Informasi ini disampaikan olehnya ketika mengisi acara dalam Seminar Nasional Identitas Cerdas dan Peningkatan Akses Telekomunikasi untuk Ekonomi Digital di Institut Teknologi Bandung (ITB).

“28 Februari besok mulai hitung mundur pemblokiran secara bertahap. Mulai tanggal tersebut, kalau 30 hari tidak juga lakukan registrasi akan diblokir SMS dan panggilan keluar,” Kata Ramli pada hari Selasa 27 Februari 2018.

Seperti yang diktetahui, setelah 15 hari diblokir dan belum melakukan registrasi kartu SIM, akan dilakukan pemblokiran SMS dan panggilan masuk.

Dan pemblokiran ini telah disesuaikan dengan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi. Registrasi Kartu SIM ini juga untuk mendukung kenyamanan serta keamanan pelanggan layanan seluler.

BACA JUGA: Jelang Tanggal 28 Februari, Registrasi Kartu SIM Banyak yang Gagal!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here