Tips Atasi Ponsel Bootloop dengan  Mudah Tanpa PC!

0
772
Copyright ©

Simak Yuk, Begini Tips Atasi Ponsel Bootloop dengan  Mudah Tanpa PC!

Oketekno.com – Apa ponsel Android-mu pernah restart sendiri dan hanya stuck logo? Nah, masalah itulah yang biasa di sebut dengan Bootloop. Bagi kamu yang sedang mengalami hal ini, jangan khawatir.

Pasalnya masih ada Tips Atasi Ponsel Bootloop dengan  Mudah Tanpa PC. Sementara itu, penyebab bootloop sendiri berasal dari sistem yang ada di ponsel pintarmu.

Beberapa penyabab HP Android Bootloop sendiri bisa saja kesalahan ketika melakukan instalasi aplikasi, gagal saat melakukan rooting, mengubah isi script yang ada di root atau folder sistem Android, atau bisa jadi karena terlalu seringnya melepas baterai ketika ponsel masih dalam keadaan menyala.

BACA JUGA: Tren AR Emoji Makin Mewarnai Industri Smartphone!

Jika Smartphone kamu mengalami bootloop, maka salah satu cara yakni dengan menggunakan Recovery Mode pada HP. Seperti yang diketahui, ada dua jenis yakni Stock Recovery dan Custom Recovery . Perlu diingat, cara mengakses Recovery Mode pun berbeda-beda tergantung merek.

Cara atasi Bootloop dengan Stock Recovery

Copyright ©JalanTikus

Jika sudah masuk di menu, bisa menggunakan tombol volume up dan down untuk bisa mengakses menu tersebut dan gunakan tombol power untuk memilihnya. Setelah itu pilih  ‘Wipe data/factory reset’ dan pilih Yes.

Tips Atasi Ponsel Bootloop dengan  Mudah Tanpa PC selanjutnya yakni pilih ‘Wipe cache partition’, lalu ‘Reboot system now’. Tunggu beberapa saat hingga ponsel kembali ke pengaturan awal. Namun sayangnya kamu tidak akan bisa menyelatkan data-data penting yang ada di dalamnya.

BACA JUGA:Smartphone Petualang Land Rover Explore, Spek Tangguh Tahan Banting!

Cara Atasi Ponsel Bootloop dengan Custom Recovery

Copyright ©JalanTikus

Cara ini memang sedikit berbeda dengan menggunakan Stock Recovery. Sebab di cara ini kamu masih bisa memindahkan data penting ke perangkat lain sebelum kembali ke pengaturan awal.

Jika sudah masuk, langsung saja pilih ‘Backup’, lalu pilih data yang ingin di selamatkan. Setelah itu  pilih ‘Wipe’ pada menu utama Custom ‘Recovery’, lalu swipe ke kanan pada slide di bawah untuk menghapus data, cahce dan dalvik pada ponsel. Kemudian pilih Restore.

Setelah masuk Custom Recovery Clockworkmod, pilih ‘Wipe data/factory reset’. Selanjutnya pilih ‘Wipe dalvik cache’ dan reboot. Seandainya masih tidak bisa, pilih ‘Mounts and Storage’, kemudian  ‘Format/data’ dan ‘Format/cache’, lalu reboot kembali.

Nah itu dia Tips Atasi Ponsel Bootloop dengan  Mudah Tanpa PC.

BACA JUGA:Ikuti Trend, Sony Garap Smartphone Dual Kamera?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here