Nokia Klaim Peluncuran Jaringan 5G Bakal Terjadi Lebih Cepat!

0
558
Copyright ©Lintang

Nokia Klaim Peluncuran Jaringan 5G Bakal Terjadi Lebih Cepat, Kapan?

Oketekno.com – Balum lama ini Rajeev Suri selaku CEO Nokia menuturkan bahwa saat ini para operator telekomunikasi besar tengah fokus pada persiapan untuk jaringan 5G satu tahun lebih cepat dari jadwal yang sebelumnya pernah ditentukan. Diprediksi kalau layanan ini akan mulai hadir di tahun ini juga.

Ia memperkirakan bahwa persiapan secara besar-besaran di Korea Selatan, Amerika Serikat, Jepang dan Tiongkok yang akan terjadi lebih cepat. Dikatakan Suri, di Eropa sendiri masih kekurangan faktor pendorong untuk peluncuran teknologi tersebut.

Bahkan hingga saat ini mereka njuga belum mengatakan telah memiliki ikatan kerja sama dengan Chine Mobile terkait pengembangan jaringan itu untuk keperluan  industri di Tiongkok. China Mobile merupakan operator mobile terbesar dunia asal Tiongkok.

BACA JUGA: Ambisi Nokia Untuk Kembali Kuasai Pangsa Pasar Smartphone!

Tak hanya itu saja, vendor Smartphone asal Finlandia ini juga membeirkan isyarat akan segera mengumumkan sejumlah bentuk kerja samanya dengan Vodafone. Tapi sayangnya pihaknya masih enggan membeberkan informasi secara rinci. Seperti yang diketahui, Vodafone merupakan operator seluler asal Inggris yang punya saham mayoritas di sejumlah operator dunia.

Teknologi 5G terbaru
Copyright ©mediasat

Sekitar satu tahun lalu, sejumlah operator mengatakan bahwa peluncuran 5G baru akan sempurna di akhir tahun 2019. “Ini telah dipercepat hampir satu tahun, yang berarti merupakan berita baik untuk sektor ini. Setelahnya akan ada gelombang investasi yang masuk. Aktivitas AS dan Tiongkok (soal 5G) akan ‘mengkerdilkan’ Eropa, tapi menurut saya akan ada beberapa peluncuran 5G (di Eropa) pada 2019,” Kata Suri.

BACA JUGA: Kerennya Nokia 7 Plus Usung Dual Kamera Carl Zeiss

Industri peralatan jaringan mobile yang didominasi Huawei, Nokia dan Ericsson, tengah menghadapi bagian paling sulit selama beberapa tahun belakangan ini. Hal ini dikarenakan permintaan untuk kebutuhan 4G makin menurun.

Tentunya kemunculan teknologi 5G akan jadi peluang sangat baik terhadap pertumbuhan bisnis mereka. Ia yakin usaha operator dalam mempercepat peluncuran 5G akan menghasilkan dampak positif pad pertumbuhan bisnis Nokia di tahun 2018 ini.

Sebelumnya operator populer asal Amerika Serikat yakini AT&T dilaporkan bakal meluncurkan 5G untuk kebutuhan mobile di akhir tahun 2018. Jaringan mobile generasi ke lima itu juga akan tersedia untuk pelanggan AT&T di 12 kota Negeri Paman Sam tersebut.

BACA JUGA: Ponsel Pisang Nokia 8110 Reborn Bisa Akses Layanan Google Berkat OS ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here