Oppo R15 Akan Ditopang Processor MediaTek Helio P60 Terbaru, Benarkah?

0
742
Copyright ©Weibo

Oppo R15 Akan Hadir dengan Chip Helio P60 Terbaru MediaTek!

OKETEKNO.COM – Pabrikan smartphone Oppo yang berbasis di Tiongkok kembali menggoda para pecinta gadget dengan gadget terbaru yang tengah ia siapkan bertajuk R15. Smartphone yang belum diresmikan tersebut baru-baru ini hadir dengan teaser terbaru yang menawarkan desain layar dengan notch atau ‘poni’ layanya perangkat iPhone X. Bahkan Oppo R15 yang akan segera hadir ini dikabarkan akan ditenagai dengan processor besutan MediaTek yakni Helio P60 terbaru bukan dari Qualcomm, benarkah?

Seperti yang kita ketahui MediaTek sendiri baru saja meresmikan processor terbaru miliknya di pagelaran MWC 2018 di Barcelona lalu. Processor yang bertajuk Helio P60 tersebut resmi diperkenalkan untuk perangkat smartphone kelas menengah yang disebut-sebut memang hadir guna menandingi processor Qualcomm Snapdragon 660. Kini smartphone Oppo R15 yang tengah disiapkan dikabarkan akan mengusung processor anyar MediaTek tersebut.

Baca Juga Oppo R15 Bakal Hadir Berbekal Kamera Depan & Belakang Pintar?

Namun sayangnya pada kesempatan tersebut, perusahaan yang berbasis di Taiwan itu masih terkesan merahasialan merek smartphone apa saja yang akan mengusung chipset terbaru garapannya ini. Namun hanya berselang beberapa hari, kabar terbaru beredar terkait smartphone apa yang akan mengusung chip MediaTek Helio P60. Dalam akun Twitter seseorang dengan akun @MMDDJ_ mengungkap bahwa Oppo R15 akan menjadi smartphone android yang ditopang dengan chip Helio P60 terbaru.

MediaTek Helio P60
copyright©droidlime

Untuk kembali diingat, pabrikan ponsel Oppo sebelumya kerap menggunakan chip dari Qualcomm. Sebelumnya pada Oppo R11 dan Oppo R11 Plus mengadopsi processor dari Snapdragon 660. Nampaknya pabrikan dari negeri Tirai Bambu ini berpandangan bahwa menggunakan processor sama pada generasi terbaru seperti Oppo R15 ini bukan langkah tepat apalagi hingga kini pihak Qualcomm belum juga memperkenalkan processor terbaru penerusnya yang dirumorkan akan hadir dengan nama Snapdragon 670.

Tentunya dengan semakin dekat waktu peluncuran Oppo R15 yang dikabarkan akan melenggang Maret 2018, tentunya cukup wajar jika Oppo akhirnya menjatuhkan pilihan pada chip MediaTek Helio P60 terbaru. Apalagi meskipun hasil uji benchmark memperlihatkan adanya skor mirip antara Snapdragon 660 dengan Helio P60 namun penggunakan chip dengan fabrikasi 12 nanometer ini dipastikan akan meningkatkan performa dan pengelolaan daya dibandingkan dengan fabrikasi 14 nanometer dari processor Qualcomm.

Baca Juga Oppo R15 dan Oppo R15+ Ikut Latah Pakai Layar Poni Mirip iPhone X?

Jadi, meskipun memiliki performa yang mirip dengan Snapdragon 660, chipset MediaTek Helio P60 yang akan diusung Oppo R15 ini diduga akan memakan lebih sedikit daya baterai. Bukan hanya itu saja pengelolaannya juga dapat dioptimalkan lebih lanjut. Bahkan kemungkinan besar Helio P60 akan mmebawakan performa lebih unggul dan tangguh dibandingkan Snapdragon 660.

Untuk infomasi tambahan, Processor Helio P60 ini hadir engan processo Octa-core dalam arsitektur Cortex-A73 membawakan CPU 2 GHz dan juga arsitektur Cortex-A53 dengan top speed yang sama. Semnetara untuk kualitas grafisnya membawakan dukungan GPU Mali-G72MP3. Untuk informasi selanjutnya kta nantikan saja peresmian Oppo R15 dalam waktu dekat ini.

Baca Juga Oppo A83 Hanya Dibekali Pemindai Wajah, Apakah Aman?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here