YouTube Bakal Cekal Kanal Penyebar Berita Hoax!

0
404
Cara Memutar Video YouTube di Background B
Copyright©The Independent

Demi Keamanan, YouTube Bakal Cekal Kanal Penyebar Berita Hoax!

Oketekno.com –  Ternyata akun InfoWars yang sering menyebarkan hoax  dalam bentuk teori konpirasi dijatuhi hukuman dari YouTube. Ya, akun tersebut mendapat hukuman berupa pencabutan iklan-iklan yang ada di akun miliknya.

Seperti yang dilansir dari Tech Crunch pada hari Senin, 5 Maret 2018 kemarin, banyak perusahaan yang mulai menarik iklannya dari sejumlah kanal milik Alex Jones tersebut. Dan sang pemimpin situs InfoWars itupun langsung berkicau di media sosial Twitter. Dalam cuitannya itu Alex mengaku bahwa sejumlah akunnya akan dibekukan, tapi pernyataan Alex pun langsung dibantah oleh YouTube.

Tentunya pencekalan sebuah akun memang memiliki prosedur yang harus dilalui. Ya, pihak YouTube akan memberikan peringatan sebanyak tiga kali sebelum akhirnya mencekal sebuah akun, dan saat ini Alex sendiri telah mendapatkan dua kali peringatan.

BACA JUGA: Bosan YouTube? Coba DTube Hanya Rajin Komentar Dapat Uang!

Teori konspirasi yang disebar Alex Jones memang dianggap sudah melampaui batas, dan sudah beberapa kali melibatkan korban penembakan sekolah.

Copyright ©YouTube

Misalnya di tahun 2014 silam usai penembakan di SD Sandy Hook di Connecticut, Alex menyebarkan teori bahwa penembakan dilakukan pihak pemerintah dan tidak ada yang kehilangan nyawa dalam insiden tersebut. Padahal yang terjadi sebenarnya, penambakan terjadi di Sandy Hook dan menelan korban jiwa sebanyak 27 korban.

BACA JUGA: Kini Youtube Live Dapat Pasang Caption Otomatis, Sudah Coba?

Tak cukup itu saja, Alex kembali menyebarkan hoax pada kasus penembakan di SMA Marjory Stoneman Dougle yang terjadi di Florida. Alex menuding bahwa penembakan itu merupakan rencana dari kelompok anti senjata api. Bahkan yang lebih parahnya lagi, David Hogg yang merupakan siswa yang selamat dari penembakan itu, menermia tuduhan dari Alex yang menyebutkan sebagai dalang di balik serangan tersebut.

Oleh karena itulah YouTube berjanji akan mencekal akun orang yang sering melanggar peraturan seperti menyebar ujaran kebencian dan pelecehan.

Selain YouTube, akhir-akhir ini sejumlah platform lain seperti Twitter dan Facebook mulai gencar dalam mengurus akun yang diduga kerap menyebar berita hoax. Di negara kita pun juga ada beberapa kelompok penyebar hoax seperti Saracen dan Muslim Cyber Army (MCA) yang telah berhasil di bekuk oleh pihak kepolisian. Dan ternyata, kelompok ini punya beberapa grup dengan fungsi berbeda. Mulai dari yang terbuka hingga grup inti yang tertutup. Bahkan anggotanya pun punya jenjang karir.

BACA JUGA: Ngeri, Inilah 5 Alasan Lebih Baik Jangan Jadi YouTuber!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here