Demi Kamera Mirrorless Canon Sampai Rela Kanibal!

0
781
Copyright ©Canon

Canon Sampai Rela Kanibal Kamera Demi  Mirrorless!

Oketekno.com – Semua orang tahu bahwa Canon merupakan salah satu pabrikan terbesar di dunia. Namun sayang, namanya relatif kurang terdengar di segmen mirrorless. Bukan tanpa sebab, pasalnya ia dulu tidak begitu aktif di ranah tersebut.

Dulu katanya perusahaan ini enggan terlalu serius dalam menggarap mirrorless lantaran mereka cemas bakal mengkanibal penjualan kamera DSLR yang menjadi andalannya selama ini.

Dan untuk kedepannya, besar kemungkinan hal ini akan berubah lantaran perusahaan telah memutuskan untuk lebih fokus pada segmen mirrorless yang menunjukkan tren yang memang terus berkembang. Sementara itu DSLR dikabarkan cenderung mengalami penurunan.

BACA JUGA: Ogah Tiru iPhone X, Begini Cara Meizu Sematkan Kamera Depanya!

Di pasaran domestik Jepang,  misalnya pemasara DSLR di tahun 2017 silam tercatat mengalami penurunan hingga 10,1 persen. Sedangkan untuk mirrorless makin bertumbuh secara signifikan sebesar 29,2 persen.

Copyright ©Canon

Selain itu, kamera kategori mirrorless juga telah menguasai sebagian dari pasaran interchangeable lens camera (kamera dengan lensa yang bisa diganti-ganti, macam DSLR dan mirrorless) di sebagian pasar seperti Hong Kong, Taiwan, dan Singapura.

BACA JUGA: Harga Huawei MediaPad M5 10 Pro dan Spesifikasi, Kamera Depan Upgrade Baterai Jumbo!

Seperti yang dilansir dari Nikkei Asian Review pada hari Selasa, 6 Maret 2018, Masahiro Sakata yang merupakan Presiden Canon Marketing Japan menyebut bahwa perusahaan akan segera meluncurkan produk secara aktif untuk pasar yang saat ini sedang tumbuh yakni mirrorles, meski hal ini akan ada kanibalisasi terhadap kamera DSLR.

Akhir-akhir ini, dalam upaya merengkuh pasaran Mirrorles, perusahaan multinasional asal Jepang ini meluncurkan produk entri level terbaru yang bernama EOS M50 yang ditargetkan untu para pengguna awam, seperti dari lingkungan keluarga.

Meski ia telat datang pada segmen mirrorles dengan baru mengapalkan kamera katerai tersebut di tahun 2012 silam, dan nyatanya perusahaan sukses menguasai 23 persen pasaran mirrorless di Jepang pada 2017, terbesar kedua setelah Olympus.
kemudian pada pertengahan tahun 2017, perusahaan melaporkan terkait penjualan kamera mirrorless besutannya mengalami pertumbuhan sebesar 70 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Ini berarti, Canon tetap menguasai pasaran kamera profesional. Akan tetapi, baru-baru ini pabrikan raksasa mirrorless seperti Fuji dan Sony mulai meluncurkan produk segmen kelas atas Alpha A9 dan X-H1  yang ditujukan sebagai kompetitor DSLR pada segmen ini.

BACA JUGA: Android Go Energizer Akan Usung 4 Kamera Layar Kekinian 18:9!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here