Dianggap Menjiplak, BlackBerry Resmi Tuntut Facebook dkk!

0
774
Copyright©trutower

BlackBerry Tuntut Facebook dkk dan Minta Ganti Rugi!

Oketekno.com – Belum lama ini BlackBerry dikabarkan telah resmi mengajukan tuntutan hukum kepada Facebook serta dua anak usahanya yaitu WhatsApp dan Instagram. Bahkan terdapat dokumen setebal 117 halaman guna menjelaskan secara rinci apa saja yang selama ini menjadi keluhan perusahaan asal  Kanada tersebut. Inti dari tuntutannya ini tak lain, pihaknya menegaskan bahwa layanan pesan singkat BlackBerry Messenger (BBM) miliknya itu merupakan landasan komunikasi mobile modem. Bahkan paten dan hak miliknya juga mendapat perlindungan hukum.

Oleh karena itu FB, WA, dan IG dianggap telah melanggar hak paten serta hak milik tersebut. Namun sayangnya tuntutan yang diajukannya ini bisa dikatakan sangat terlambat. Bukan tanpa alasan, seperti yang kamu ketahui saat ini FB, WA, maupun Instagram telah sukses menguasai industri layanan pesan instan selama beberapa tahun belakangan.

“Facebook menggunakan sejumlah fitur fungsional, sistem keamanan, dan antarmuka yang membuat produk BlackBerry lebih dulu mendulang sukses di pasaran,” kata juru bicara BlackBerry.

BACA JUGA: Begini Cara Mudah Ketahui Unfollowers Instagram dan Hasilnya Akurat Lho!

Lebih lanjut, dijelaskan dalam sebuah dokumen bahwa teknik kriptografi untuk melindungi privasi pengguna BBM telah direbut FB dkk. Bahkan sejumlah ide-ide untuk menyamakan game mobile dengan layanan pesan singkat.

Copyright ©Engadget

Kemudian hal lainnya yakni menyangkut antarmuka seperti desain notifikasi, tampilan waktu, pesan masuk, hingga fitur untuk menandai (tag) nama teman dalam unggahan foto. Karena hal itulah BlackBerry minta ganti rugi atas apa yang sudah dilakukan oleh pihak FB dkk.Sementara itu, jejaring sosial besutan Mark Zuckberg ini menanggapi masalah ini sebagai sindiran panas.

BACA JUGA: Gak Perlu Ribet, Inilah Cara Tambah Teman Facebook Gunakan QR Code!

“Tuntutan yang dilayangkan BlackBerry merefleksikan kondisi bisnis pesan instannya. Tak mampu berinovasi, BlackBerry sekarang memungut pajak atas inovasi pihak lain. Kami akan melawan,” Ungkap Paul Grewal yang merupakan Deputy General Counsel Facebook, dilansir dari The Verge pada hari Rabu, 7 Maret 2018.

Seperti yang diketahui, pihak BlackBerry sendiri dikabarkan telah menjual hak intelektualnya atas desain, pabrik, dan merek ponsel BlackBerry ke sejumlah pihak. Kemudian secara global diserahkan kepada perusahaan asal China, yakni TCL. Dan satu-satunya bisnis yang ditinggalkan yakni BlackBerry Limited yang menaungi berbagai produk software dan keamanan mobile.

BACA JUGA: Ini Lho Tips Seru Gunakan Facebook Transparan di Smartphone Android!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here