Berikut Ini Merupakan Kriteria Powerbank yang Boleh Dibawa Masuk Ke Pesawat!

0
828
Copyright ©Powerbank

Kira-kira Apa Ya Kriteria Powerbank yang Boleh Dibawa Masuk Ke Pesawat?

Oketekno.com – Di jaman seperti sekarang ini hampir semua orang tak bisa lepas dari genggaman ponsel. Sepertinya tak mungkin kalau ponsel yang kita gunakan bisa bertahan dalam waktu yang lama, kecuali ponsel tersebut memang memiliki daya baterai berkapasitas jumbo. Oleh karena itu, banyak yang memiliki pengisi daya mandiri atau baterai portabel alias powerbank menjadi aksesori yang wajib dibawa kemana-mana, termasuk ketika bepergian dengan pesawat terbang.

Mengenai hal tersebut, ternyata ada beberapa Kriteria Powerbank yang Boleh Dibawa Masuk Ke Pesawat. Aturan International Air Transport Association (IATA) menjelaskan bahwa rating maksimal yang boleh dibawa masuk yakni 160 Wh.

Sejumlah maskapai Indonesia juga menerapkan ketentuan dari IATA itu sebagai pedoman. Bahkan ketentuan ini pun telah dipertegas oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dalam sebuah keterangan secara tertulis mengenai keselamatan penerbangan yang baru saja dipublikasikan pada awal Maret 2018 ini.

BACA JUGA: Keren, Televisi Samsung Bisa Berubah Jadi Bunglon!

Dalam isi keterangan tersebut, dijelaskan bahwa powerbank dengan rating di bawah 100 Wh bisa dibawa dalam bagasi kabin. Sementara untuk yang ratingnya 100 Wh sampai dengan 160 Wh harus melalui persetujuan maskapai yang bersangkutan itu.

Copyright ©Twitter/Soekarno-Hatta

“Ada korek api dan dan power bank yang boleh dibawa dan ada yang tidak. Jadi semua peraturan harus dimengerti oleh petugas (keamanan bandara) dan masyarakat,” ujar Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso dalam keterangannya.

BACA JUGA: Apple Berencana Hilangkan Notch Untuk iPhone Terbaru?

Meski ada Kriteria Powerbank yang Boleh Dibawa Masuk Ke Pesawat, tapi jangan khawatir berlebihan ketika hendak bepergian dengan menggunakan peswat. Sebab kebanyakan powerbank memiliki rating di bawah 100 Wh.

Biasanya kapasitas daya tampung dinyatakan dalam satuan miliampere-hour (mAh), yakni keluaran arus yang bisa diberikan dalam satu jam. Durasinya tergantung besar arus yang diberikan. Powerbank yang memiliki kapasitas 10.000 mAh dapat memberikan arus 10.000 mAh selama satu am atau 5.000 mAh selama dua jam.

Sedangkan Wh merupakan satuan yang menyatakan ratng keluaran energi maksimal. Satuan ini dapat memudahkan komparasi rating energi antara tipe baterai yang berbeda. Jadi intinya, powerbank yang diizinkan dibawa ke dalam pesawat harus memiliki rating di bawah 160 Wh.

BACA JUGA: Duo LG V30S ThinQ Bakal Meluncur di Pasaran, Berapa Harganya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here