Waduh! Sticker GIF Instagram dan Snapchat Tidak Bisa Diakses, Kenapa Ya?

0
546
Instagram dan Snapchat Block GIF
Copyright ©

Giphy Bermasalah, Instagram dan Snapchat Hapus Sementara Fitur GIF

Oketekno.com – Kebanyakan orang zaman sekarang itu sudah tidak asing lagi tentang aplikasi sosial media Instagram, Facebook, dan juga Snapchat. Ketiga layanan ini kebanyakan telah digunakan oleh kaum remaja jika dibandingkan perusahaan maupun orang tua. Untuk itulah ada banyak sekali fitur yang tersematkan guna menjaga para penggunanya tetap nyaman menggunakan layanannya ini.

Akan tetapi, kemarin ada informasi terbaru yang menyatakan kalau untuk sementara ini fitur gambar bergerak GIF pada layanan sosial media Instagram dan Snapchat. Hal ini dikarenakan adanya laporan sebelumnya yang membahas mengenai adanya konten yang mengandung kekerasan atau rasisme pada kedua platform tersebut.

Simak Nih: Tak Perlu Dual Kamera, Pengguna Instagram Juga Bisa Hasilkan Foto Bokeh

Untuk konten tidak etis yang dimaksudkan disini ialah mengenai GIF dengan sisipan kata yang sensitif bagi para kulit hitam yang mana kerap sekali disebut sebagai “N-Word”. Gambar gerak seperti ini diketahui berasal dari perpustakaan Giphy yang mana merupakan mitra business layanana GIF oleh Instagram dan Snapchat.

Instagram GIF
Copyright ©Oketekno

“Konten seperti ini tak memiliki tempat di Instagram. Kami telah menghentikan integrasi dengan Giphy sembari mereka menginvestigasi kasus ini” begitulah ungkapan yang diberikan oleh Juru Bicara IG.

Ternyata, pernyataan serupa juga dilontarkan oleh pihak Snapchat. Ia menyatakan kalau pemblokiran GIF ini nantinya akan dicabut kalau pihak Giphy memang benar-benar bisa berkomitmen untuk menghapus segala konten yang mengandung rasisme ini.

Ketahui Yuk: Fitur Potrait Mode Bakal Hadir di IG!

Selain itu, juru bicara dari layanan sosial media Snapchat juga memberikan penegasan kalau semua GIF yang terdapat pada layanannya ini seharusnya bisa diakses secara aman bagi remaja yang berusia 13 Tahun keatas. Kejadian seperti ini adalah paparan supaya kita lebih teliti mengenai berbagai konten yang sangat sensitif terhadap rasa kekeluargaan.

Setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata gambar bergerak alias GIF yang mengandung unsur rasisme ini telah tersebar karena adanya bug pada sistem penyaringan GIF.

“Kami telah memperbaiki bug-nya dan mengatur ulang semua GIF yang tersedia di perpustakaan kami” begitulah ucap dari juru bicara Giphy. So, kita nantikan saja dan berharap agar permasalahan ini bisa diselesaikan dengan cepat serta bisa menikmati fitur GIF di Instagram dan Snapchat seperti biasanya.

Baca juga: Cara Mudah Ketahui Unfollowers Instagram dan Hasilnya Akurat Lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here