Paten Smartphone Layar Poni Ternyata Dimiliki Oppo, Bukan Apple!

0
2757
Copyright ©Weibo

Smartphone Layar Poni Pertama Ternyata Dipatenkan oleh Oppo!

OKETEKNO.COM – Pasar smartphone global belum lama ini memang dihebohkan dengan trend smartphone anyar dengan layar penuh dan memiliki notch atau ‘poni’ diatas layarnya. Smartphone Layar Poni pertama yang berhasil mencuri perhatian pecinta gadget di seluruh penjuru dunia adalah besutan Apple yakni iPhone X. Banyak netizen yang begitu tergiur dengan desain yang dimiliki dengan bezell super tipis di semua bagiannya. Namun siapa sangka paten Smartphone dengan layar Poni ternyata dimiliki Oppo bukan Apple.

Belum lama ini beredar foto dan bocoran video terkait smartphone Oppo terbaru yang memiliki layar penuh dengan dukungan notch atau poni dibagian atasnya. Perangkat tersebut adalah Oppo R15 dan Oppo R15 Plus dimana telah bocor di dunia maya. Smartphone Layar Poni Oppo itu langsung memicu reaksi dari sejumlah pengamat gadget dan netizen lantaran desain yang dimiliki ponsel terbaru Oppo tersebut begitu mirip dengan iPhone X dengan poni diatas layar dan bezel tipis.

Baca Juga Pre-Order Oppo R15 dan R15 Plus Sudah Dibuka Lho!

Akan tetapi ada kabar yang mengejutkan dimana mengungkap bahwa sejatinya Oppo yang pertama kali memiliki niatan untuk mengembangkan smartphone dengan layar penuh dan poni di bagian atasnya. Hal tersebut dapat diketahui di situs Kantor Kekayaan Intelektual Negara Bagian RRC yang telah terdaftar sejak 9 Januari 2017 lalu dimana Oppo lah yang telah mengajukan permohonan paten Smartphone Layar Poni dengan desain fullscreen.

Sementara itu portofolio paten Smartphone Layar Poni tersebut telah mendapat persetujuan dan dipublikasikan oleh pihak berwenang tertanggal 29 September 2017 termasuk sejumlah smartphone lain dari vendor Apple. Portofolio paten Oppo sendiri berisikan sejumlah desain independen dan juga inovatif pada bagian atas layarnya mulai dari semi lingkaran, segitiga terbalik, setengah persegi, setengah busur, setengah elipse dan juga beragam bentuk lain.

Paten Smartphone Layar Poni Oppo
Copyright ©Istimewa

Varian smartphone Oppo R15 dan R15 Plus sendiri nyatanya dihadirkan Oppo dengan memilih mempergunakan desain dari kelima portofolio paten Oppo yang telah diajukan. Meskipun permohonan paten yang telah diajukan terbilang cukup dini namun nampaknya vendor dari negeri Tirai Bambu tersebut tidak ingin terburu-buru dalam menggunakannya secara komersial.

Sementara itu hal yang sama juga diungkapkan oleh Wakil Presiden Oppo yakni Alen Wu yang mengungkapkan didepan publik bahwa banyak faktor yang perlu untuk dipertimbangkan sebelum akhirnya Oppo memutuskan apakah sebuah teknologi bakalan digunakan pada produk terbaru termasuk kemungkinan untuk memproduksinya secara massal seperti halnya Smartphone Layar Poni.

Baca Juga Terungkap! Inilah Spesifikasi Lengkap Oppo R15

Dapat dikatakan Oppo telah mengamankan otoritasnya lebih awal untuk desain Smartphone Layar Poni dibandingkan dengan Apple. Bukan hanya itu saja Oppo menjadi produsen smartphone pertama yang mendapatkan otorisasi untuk perangkat dengan layar penuh dan desain notch atau poni diatas layar.

Kesimpulannya meskipun Apple telah lebih dulu merilis smartphone dengan layar penuh dan desain poni namun bukan berarti Oppo tertinggal dan hanya ikut-ikutan menghadirkan Smartphone Layar Poni dengan desain sama. Untuk itulah Oppo memberikan sanggahan terhadap komentar sejumlah netizen yang mengungkap Oppo hanya menjiplak desain iPhone X dalam perangkat Oppo R15 series.

Baca Juga Bocoran Spesifikasi Oppo F7 Terungkap, Seperti Apa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here