Cara Kerja Kamera Dual Aperture Ketahuan Setelah Samsung Galaxy S9 Dibongkar!

0
1563
Galaxy S9+
Copyright ©winnetnews

Begini Cara Kerja Kamera Dual Aperture  Samsung Galaxy S9 Setelah Dibongkar!

Oketekno.com – Seperti yang diketahui , salah satu fitur andalan dari dui flagship Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus  tak lain adalah kamera dual aperture. Bahkan kemampan dari kamera ini dapat diganti lebar bukaan lensanya antara f/1.5 dan f/2.2. Lantas bagaiamana cara kerjanya?

Baru-baru ini sebuah situs pembocor gadget iFixit mencoba melihat jeroan dua flagship Samsung itu untuk menemukan jawaban dari rasa penasaran tersebut. Dari hasil yang berhasil di dapatkannya, diketahui bahwa kamera Galaxy S9 mengubah aperture dengan mekanisme mirip lensa kamera DSLR atau mirrorless, yakni dengan menggunakan bilah aperture untuk mengatur lebar bukaan, sehingga menjadi besar (f/1.5) atau kecil f/2.4.

Yang membedakan adalah kamera DSLR dan mirroless umumnya menggunakan aperture berjumlah 5, 7, 9 atau lebih. Kedua ponsel flagship yang dikenalkan dalam perhelatan Mobile Word Congress (MWC) 2018 itu hanya menggunakan dua bilah aperture  yang bentuknya seperti cincin.

BACA JUGA: Samsung Galaxy S9 Memperoleh Pembaruan Security Pertama, Lebih Aman!

Fitur dual aperture  ini berlaku untuk kamera utama Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus. Sementara itu kamera kedua (short telephoto) di S9 Plus punya aperture tetap, f/2.4 yang tidak bisa diubah.

Copyright ©

Sementara itu, terkait untuk apa menerapkan dual aperture tak lain untuk mengoptimalkan tangkapan gambar untuk situasi low light dan cukup cahaya. Aperture  dengan lebar f/1.5 digunakan untuk menangkap cahaya sebanyak mungkin ketika kondisi gelap. Dengan begitu, Smartphone akan mampu gambar dengaan kualitas tinggi dnegan menekan angka sensivitas dan tidak blur, lantaran shutter speed bisa dijaga di angka tinggi.

BACA JUGA: Wow! Pasar TV Global Dipimpin Samsung Selama 12 Tahun Tanpa Digeser

Copyright ©

Namun sebaliknya aperture f/2.4 yang melambangkan bukaan lensa lebih rapat, digunakan ketika kondisi banyak cahaya. Sementara itu kelebihan jika dibandingkan dengan aperture f/2.4 , ruang tajam gambar akan lebih lebar dan hasil tangkapan gambar pun akan menjadi tajam.

iFixit ikut menemukan bahwa modul dual camera S9 Plus berada di satu papan PCB dengan satu kabel daya yang tersambung ke mainboard. Kemudian di PBC kamera itu ada memori DRAM terintegrasi, untuk  menangani berbagai data dari hasil tangkapan kamera. Besar kemungkinan bahwa ini diperlukan untuk proses video slow motion yang menangkap gambar 960 gambar per detik.

BACA JUGA: Waduh, Duo Samsung Galaxy S9 Minim Peminat?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here