Ups, Ternyata Ini yang Akan Terjadi Saat USB Drive Dilepas Secara Paksa!

0
569
Copyright ©

Ini yang Akan Terjadi Saat USB Drive Dilepas Secara Paksa! Apa?

Oketekno.com – Ketika kita memasukkan USB Drive ke perangkat Laptop maupun PC, dan kemudian memindahkan data, sering kali kita ingin selesai dengan cepat hingga akhirnya memutuskan untuk melepasnya secara paksa.  Dan yang terjadi tidak ada Safety Remove Hardware mengakibatkan file menjadi korup.

Seperti yang dilansir dari Science Alert,  menyarankan bahwa seharusnya pengguna harus  sabar untuk menunggu beberapa detik sebelum akhirnya melepaskan USB tersebut. Bahasa kerennya adalah Safety Remove Hardware.  Padahal waktu menunggu juga tidak lama,  hanya sekitar 30 detik. Namun jika USB Drive Dilepas Secara Paksa,  maka jangan harap data file yang ada di dalamnya bisa aman.

“Menunggu waktu tambahan 30 detik terkadang diperlukan untuk meng-eject USB Drive kita. Cara itu akan membuat file dan data yang tersimpan, termasuk software di dalamnya, tetap aman,” Kata Philip Remaker seorang seorang ahli komputer dalam sebuah acara tanya jawab di Quora.

BACA JUGA: Sstt.. intip yuk, Ini Lho Deretan Fitur dari Android P!

Philip berpendapat bahwa sistem di laptop telah diprogram untuk memperlakukan drive eksternal (seperti USB stick), selalu menempel terus di port-nya. Hal ini berarti laptop akan selalu menganggap file yang di USB dapat diakses tanpa batas waktu, dan inipun dapat merubah cara interaksi laptop dengan flash drive.

Copyright ©

“Ini artinya, jika sebuah program dalam komputer hanya ‘membaca file’ dan tidak melakukan penyimpanan informasi ke drive, kemungkinan ini tidak akan membuat filerusak jika dilepas paksa. Tapi risikonya justru melanda komputer kita. Gejala kerusakan mulai dari data yang hilang, file system yang korup, program yang rusak, atau komputer nge-hang dan harus di-reboot,” Ungkap Remaker.

BACA JUGA:Direktur Huawei Ternyata Tahu Penyebab Kenapa Smartphone Besutannya Dilarang di Amerika Serikat!

Namun sebaliknya, jika mengubah maupun mengunggah informasi baru ke drive, tak peduli berapa lama waktunya namun akan membuat situasinya berbeda. Sebab sistem operasi terlalu efisien dalam menghentikan operasi dengan mudah serta menyimpan informas yang diberikan.

Inti dari akibat jika USB Drive Dilepas Secara Paksa memiliki resiko besar kehilangan file selamanya, meski itu sudah disave beberapa jam lalu. Setidaknya ada beberapa perintah yang harus dilakukan laptop ketika pengguna melakukan safely remove hardware. Nah, setelah mengetahui bahaya USB Drive Dilepas Secara Paksa, jangan lakukan lagi ya.

BACA JUGA: Viral Karena Iklannya Dianggap Alay, Inilah Spek Smartphone AGM X2!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here