Waduh, Baterai iPhone Bocor Gegara Wireless Charging?

0
479
Copyright ©Cult of Mac

Baterai iPhone 8 Plus Kapasitas Dayanya Jadi Berkurang

oketekno.com – Perlu diketahui, produsen Apple telah menghadirkan fitur baru untuk perangkat mereka seperti iPhone X, 8, dan juga 8 Plus yang kemampuan pengisian baterai nirkabel atau biasa disebut dengan Wireless Charging.

Memang dengan adanya teknologi Wireless Charging ini pengisian daya baterai jadi lebih praktis dan mudah tanpa harus terhubung dengan kabel, namun dibalik kecanggihanya tersebut ada efek buruk yang menghantui pengguna lho.

Baca juga: Penting! Ini Perbedaan Performa iPhone Baterai Lama dan Baru

Hal ini diungkapkan oleh seorang pengguna iPhone versi 8 Plus yang bernama Adrian Kingsley-Hughes, dimana ia curiga jika kinerja ponsel miliknya semakin lama malan menurun setelah ia mulai menggunaka teknologi wireless charging tersebut.

Copyright ©Cult of Mac

Lalu Adrian pun memasang aplikasi bernama Coconut Battery untuk memantau recharge cycle dari smartphone iPhone miliknya. recharge Cycle ini merupakan siklus pengisian baterai mulai dari 0 hingga 100 persen dan berlaku secara kumulatif.

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 5 Pro Akan Dapatkan Kontrol Gesture Layaknya iPhone X

Contohnya, pengguna menggunakan baterai ponsel 75 persen hingga tersisa 25 persen, setelah itu mengisi daya hingga 100 persen pada saat malam hari. Jika esok harinya bateria dipakai 25 persen, maka bakal dihitung sebagai satu siklus pengisian.

Untuk baterai iPhone ini sendiri dirancang agar bisa menyimpan daya sebesar 80 persen pada kapasitas awal dalam 500 kali melakukan recharge cycle, dan hal ini biasanya ditempuh dalam kurun waktu 2-3 tahun.

Namun daru aplikasi Coconut Battery tersebut diketahui, jika smartphone milinya telah mengalami sekitar 135 recharga cycle hanya dalam kurun waktu 6 bulan saja. Dan siklus pengisianbaterai ini pun semakin ia sering lakukan, sehingga ada indikasi jika baterai bocor atau daya tampungnya mulai berkurang.

Dan Adrian beranggapan jika penyebabnya ini adalah baterai iPhone miliknya jadi bekerja lebih keras saat melakukan pengisian daya secara nirkabel, dibandingkan saat menggunakan kabel pada umumnya.

“Saat di charge dengan kabel, ponsel menyala dengan daya dari kabel (hanya ada beban minimal di baterai. Namun, ketika menggunakan wireless charger, daya baterai tetap digunakan untuk menyalakan ponsel, sehingga baterai tidak bisa beristirahat’. Tulis Adrian dikutip dari laman KompasTekno.

baca juga: Apple Berencana Hilangkan Notch Untuk iPhone Terbaru?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here