Perangi Hoax, YouTube Sematkan Link Wikipedia!

0
366
Youtube
Copyright ©kompastekno

YouTube Sematkan Link Wikipedia, Kapan?

Oketekno.com – Belakangan ini memang makin banyak beredar video di YouTube mengenai topik kontroversi dan teori konspirasi. Misalnya tentang pendaratan NASA di bukan yang kerap kali disebut sebagai berita bohong atau hoax.

Untuk dapat mencegah misinformasi sekaligus memberikan sudut pandang secara menyeluruh bagi penonton video seperti ini, pihaknya pun memiliki sebuah rencana dalam menyajikan tautan artikel ensiklopedia internet Wikipedia yang berkaitan dengan pembahasan topik tersebut.

Ya, fitur yang dinamai Information cues ini berupa sebuah tautan yang lengkap disertai dengan deskripsi secara singkat serta tak lupa dilengkapi pula degan gambar thumbnail yang diletakkan di bawah video, seperti yang ada di gambar berikut ini.

BACA JUGA: YouTube Bakal Cekal Kanal Penyebar Berita Hoax!

Rencananya, tautan Wikipedia ini akan mulai dihadirkan dalam beberapa bulan ke depan. Platform video sharing itu terutama bakal menghadirkan link di video tentang konspirasi yang memang banyak beredar, seperti soal pendaratan di bulan tadi.

Copyright ©YouTube

Hal ini disampaikan langsung oleh Susan Wojcicki yang merupakan CEO YouTube. “Saat ada video yang membahas soal konspirasi -kami menggunakan daftar konspirasi yang banyak beredar dari Wikipedia- maka kami akan menyajikan informasi pendamping dari Wikipedia, untuk menunjukkan informasi keseluruhannya,” Kata Susan seperti yang dilansir dari The Verge pada hari Kamis, 15 Maret 2018.

BACA JUGA: Bosan YouTube? Coba DTube Hanya Rajin Komentar Dapat Uang!

Namun sayangnya Susan tidak menjelaskan secara rinci terkait berapa banyak teori konspirasi populer yang telah dikumpulkan oleh situs berbagi video Amerika yang berkantor pusat di San Bruno, California tersebut. Hanya saja Susan menyebutkan bahwa jumlahnya dapat di tambah seiring dengan waktu.

Sementara itu Wikipedia sendiri bukan sumber informasi yang sepenuhnya dapat dipercaya, sebab ia bersifat crowsourced dan ditulis oleh sukarelawan, serta isinya bisa berubah sewaktu-waktu. Penggunaan Wikipedia sebagai sumber referensi untuk karya akademis pun ternyata banyak dilarang. Namun setidaknya ensiklopedia online ini dapat memberikan perspektif yang lebih netral dan menyeluruh, jika dibanding dengan video teori konspirasi di YouTube yang dinilai sering mengedepankan sensasionalisme.

Seperti yang kita ketahui, beberapa waktu lalu YouTube berjanji akan mencekal akun orang yang sering melanggar peraturan seperti menyebar ujaran kebencian dan pelecehan. Hal itu dilakukannya lantaran kasus seperti ini semakin banyak terjadi.

BACA JUGA: Ngeri, Inilah 5 Alasan Lebih Baik Jangan Jadi YouTuber!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here