Jangan Coba Lakukan Hal Ini Jika Tak Mau Diserang Hacker!

0
1122
Copyright ©liputan6

Ups,  Jika Tak Mau Diserang Hacker Jangan Coba Lakukan Hal Ini!

Oketekno.com –   Seperti yang diketahui, Upload merupakan proses pengiriman data atau file dari perangkat ke komputer atau perangkat lainnya ke suatu sistem. Di zaman digital seperti sekarang ini, proses pengiriman data penting seperti bidoata, ijazah, KK, dan lain-lain kebanyakan dilakukan secara online.

Bukan tanpa alasan, sebab hal ini dikatakan lebih efektif, menghemat waktu dan juga biaya. Meski begitu, Anda  pun perlu memperhatikan sisi keamanannya.  Dengan teknologi yang semakin tinggi maka akan semakin besar pula peluang untuk diretas oleh para hacker.

Fachrian Adi Nugraha selaku Co-Founder / Chief Technology Officer Futscore, mengatakan kalau dari sisi user atau pengguna, untuk semua email atau media sosial harus menjalani tahapan yaitu two-step authentication.

BACA JUGA: Ssst, Begini Cara Mudah Jadi Hacker Lewat Smartphone Android!

“Artinya, saat kita login, tidak hanya butuh password tapi juga PIN. Biasanya lewat aplikasi di smartphone. Prinsipnya, sih, mirip token buat internet banking. WhatsApp juga sudah support sekarang,” Kata Adi  pada hari Kamis, 15 Maret 2018 kemarin.

Copyright ©coretansore

Selain itu ia tak lupa  mengingatkan agar pengguna tidak membuka situs yang mencurigakan. Sebab biasanya resiko terkena malware sangatlah besar, serta menggunakan  dan lakukan upgrade berkala software antimalware.

BACA JUGA: Oh, Ternyata Begini Cara Hacker Pantau WhatsApp Kamu!

Dan hal itupun diterapkannya pada aplikasi berbasis website atau laman yang diciptakannya bersama seorang temannya Deni Refianti yang diberi nama futscore.com yang merupakan dibawah naungan PT Gema Digital Nusantara.

Aplikasi ini dapat dimanfaatkan sebagai penyaji data pemain dan perkembangan latihan khusus futsal secara mendetail. Data tersebut dikatakan olehnya dapat menjadi laporan pelatih kepada pihak manajemen.

“Futscore sudah ada sejak bulan September 2017, bersamaan dengan peserta liga futsal mulai upload data para pemain seperti ijazah dan kartu keluarga. Kami jamin aman karena seluruh dokumen pemain hanya pelatih sama panitia liga yang bisa akses akun,”  Ungkapnya lebih lanjut.

Hacker merupakan seorang yang telah mempelajari, menganalisis, memodifikasi bahkan menerobos masuk ke dalam komputer dan juga jaringan komputer, baik untuk keuntungan ataupun motivasi oleh tantangan. Bukan rahasia lagi kalau keberadaan mereka memang ada dimana-mana, untuk itu kita pun harus waspada salah. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satunya dengan tidak membuka situs atau laman yang nampak mencurigakan.

BACA JUGA: Waspada! Game Online Jadi Ladang Menguntungkan Bagi Hacker

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here