Google Bongkar Rahasia Kamera Ponsel Google Pixel, Ini Alasannya!

0
1303
Copyright ©BGR

Ups, Google Bongkar Rahasia Kamera Ponsel Google Pixel?

Oketekno.com – Smartphone Google Pixel baik itu dari generasi pertama atau kedua sama-sama dibekali dengan kualitas kamera yang tinggi. Salah satu yang menjadi rahasianya tak lain adalah kecerdasan buatan (Al) yang dimilikinya. Dan belum lama ini Google sendiri membongkar rahasia Al tersebut dan dapat digunakan oleh siapa saja.

Baru-baru ini perusahaan itu memasukkan sesuatu yang bernama DeepLab-v3+ ke dalam daftar kode open source mereka. Menurutnya, DeepLab-v3+ ini merupakan sebuah kode yang dibutuhkan untuk dapat menghasilkan foto dengan efek yang sama di Smartphone Pixel.

Akan tetapi perlu dicatat bahwa ponsel pintar itu tak hanya bergantung pada barisan kode ini untuk menghasilkan foto-fotonya. Seperti yang diketahui, DeepLab-v3+ adalah sebuah alat segmentasi gambar yang dibuat dengan menggunakan teknologi bernama convolutional neural network. convolutional neural network termasuk sebuah kode machine learning yang dapat menganalisa data visual.

BACA JUGA: Keren, Taksi Terbang Besutan Bos Google Bakal Mengudara!

Segmentasi dari gambar ini berkerja dengan melakukan analisa objek yang ada di dalam sebuah gambar. Kemudian akan dipilah antara elemen foreground dan background. Data-data itulah yang kemudian bisa dugunakan untuk menghasilkan sebuah foto dengan efek bokeh.

Copyright ©google

Liang-Chieh Chen dan Yukun Zhu selaku engineer software Google berpendapat bahwa segmentasi gambar berkembang begitu cepat. Apalagi dengan adanya tren penggunaan deep-learning machine. Dan saat ini levelnya pun telah mencapai tingkat yang sukup sulit dibayangkan lima tahun yang lalu.

BACA JUGA: Biar Makin Lucu, Begini Cara Gunakan Mario Kart di Google Maps!

Dengan berbagi terkait teknologi ini ke publik, harapan google sendiri yakni sejumlah piha lain baik itu akedemisi atau industri dapat mengembangkan teknologi ini lebih lanjut.

Sejak diluncurkan pada bulan Oktober 2016 lalu, ponsel Google Pixel memang langsung mencuri perhatian konsumen. Hingga saat ini, keluarga ponsel Pixel sudah ada di pasaran selama 16 bulan, dan menurut laporan dari IDC, Google hanya menjual 3,9 juta unit Pixel dan Pixel 2 sepanjang tahun 2017. Meski hasil penjualannya masih terbilang kecil, tapi setidaknya bisnis perangkat kerasnya akan terus meningkat.

Hal ini membuktikan bahwa Google komitmen dalam menggarap bisnis perangkat keras. Terlebih saat mengakuisisi tim desain ponsel HTC senilai USD 1,1 miliar, dan keluarga ponsel Google Pixel pun terkenal karena kualitas kameranya yang apik.

BACA JUGA: Android P Tak Mendukung Perangkat Google?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here