Ternyata Facebook Diam-diam Luncurkan Aplikasi WiFi Super Cepat Untuk Indonesia!

0
644
Facebook di IOS Kuras Baterai

Facebook Luncurkan Aplikasi WiFi Super Cepat Untuk Indonesia, Seperti Apa Fungsinya?

Oketekno.com – Kabar mengejutkan datang dari sebuah platform ternama besutan Mark Zuckerberg. Ya, diam-diam Facebook resmi merilis aplikasi WiFi untuk semakin memudahkan pengguna dalam mengakses internet nirkabel dengan cepat. Aplikasi itu hadir dengan nama Express Wi-Fi, dan kini sudah tersedia di Play Store.

Dalam aplikasi tersebut, nantinya pengguna akan membeli paket data internet nirkabel dan setelah itu mereka bisa menemukan hotspot paling terdekat dengan mudah. Kabar hadirnya aplikasi Express WiFi ini pertama kali diungkapkan oleh sebuah laman bernama TechCrunch.

Seperti yang dilansir dari The Verge pada hari Minggu 18 Maret 2018, sebelum pengguna dapat mencicipi aplikasi Wifi tersebut, terlebih dulu pengguna harus mengaksesnya lewat browser web atau mengunduh aplikasi dari operator seluler lokal yang akan meminta pengguna untuk mengonfigurasi ulang pengaturan Smartphone mereka.

BACA JUGA: WhatsApp Kok Dilarang Berbagi Data dengan Facebook?

Usut punya usut., ternyata aplikasi Express WiFi ini hanya tersedia di Kenya dan Indonesia. Untuk di Kenya, aplikasi WiFi itu tersedia berkat kerja sama perusahaan dengan Surf. Sedangkan di Indonesia aplikasi WiFi itu tersedia berkat kerja sama dengan D-Net.

Copyright ©Express Wi-Fi

Sementara dalam versi layanan lokal, aplikasi Express Wi-Fi Facebook sudah tersedia di lima negara yaitu diantaranya India, Kenya, Tanzania, Nigeria, dan Indonesia. Dalam sebuah keterangannya, FB menjelaskan terkait hadirnya aplikasi ini adalah sebuah bentuk upaya perusahaan dalam memudahkan pengguna untuk bisa mendapatkan akes WiFi yang lebih kencang.

BACA JUGA: Facebook Siapkan Fitur AR Pada Layanannya, Seperti Apa?

“Facebook merilis aplikasi Express Wi-Fi di Google Play, agar pengguna mendapatkan cara sederhana dan aman untuk mengakses internet terjangkau dan cepat melalui hotspot Express Wi-Fi lokal,” Demikian penjelasan dari pihak FB dalam sebuah keterangannya kepada The Verge baru-baru ini.

Express Wi-Fi merupakan bentuk dari sebuah upaya dari FB untuk menyediakan akses ke area yang belum ada layanan internet di negara berkembang. Usaha lain yang dilakukan FB guna meratakan akses internet di antaranya adalah proyek Free Basics beberapa tahun lalu. Tapi sayang, program Free Basics yang  dikenal dengan internet gratis itu milik Facebook itu, akhir-akhir ini mendapat penolakan dari sejumlah operator.

BACA JUGA: Facebook Dkk Diblokir di Sri Lanka, Apa Ini Penyebabnya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here